by

Warga Ambon Diingatkan Jangan Lengah Prokes Meski Sudah Vaksin

AMBON,MRNews.com,- Walikota Ambon Richard Louhenapessy kembali mengingatkan warganya agar tidak lengah menjalankan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 meskipun telah melakukan vaksinasi.

Peringatan ini karena menelisik lonjakan varian baru Covid-19 yang sudah merajalela dibeberapa negara maju di Eropa dan ditakutkan merambah Indonesia. Sebab daerah yang tingkat vaksinasinya rendah, berpotensi kena dampak.

“Meski sudah vaksin, jangan lengah. Tetap disiplin Prokes. Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan tidak berkerumun. Ini semua penting dan sebagai bentuk antisipasi kita terhadap gelombang varian baru Covid-19,” harapnya di Tribun Lapangan Merdeka Ambon, Minggu (14/11).

Dikatakan Louhenapessy, sesuai target dari pemerintah pusat, Kota Ambon harus mencapai 274.194 orang divaksinasi pada akhir Desember. Saat ini, sudah mencapai 225.455 atau 82,88 persen, tertinggi di Maluku untuk dosis pertama.

Sementara yang sudah vaksin dosis kedua sebanyak 48,80 persen atau 133.836 orang dan 1.139 orang tenaga medis asal Kota Ambon telah disuntik vaksin Moderna.

“Sebetulnya dari target herd immunity dengan indikator 70 persen vaksinasi, kita sudah melewatinya. Tapi ada indikator kedua yaitu vaksin Lansia harus mencapai 60 persen. Kota Ambon baru 57 persen untuk Lansia,” tandasnya saat vaksinasi massal yang digalang BPP HIPMI, BPD HIPMI Maluku dan BPC HIPMI Kota Ambon.

Karena itu, pihaknya kata Louhenapessy patut memberi apresiasi kepada Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) yang membantu pemerintah kota (Pemkot) Ambon lewat vaksinasi dalam upaya meningkatkan persentase vaksin Lansia dan lainnya dosis kedua.

“Ini bentuk kepekaan yang serius HIPMI bagi masyarakat Ambon khususnya. Sebab vaksin selain untuk memutus mata rantai Covid-19, tapi juga kita bisa eliminasi virus ini dari Indonesia. Sangat strategis. Apalagi orang yang usai vaksin dapat sembako,” pesannya.

Sementara, Ketua BPD HIPMI Maluku Jaqueline Margareth Sahetapy (JMS) berharap, program vaksinasi massal dan pembagian sembako gratis ini dapat bermanfaat bagi masyarakat di Kota Ambon khususnya dan Maluku umumnya.

“Ini bentuk pemuda dalam hal ini HIPMI hadir untuk warga lanjut usia (Lansia) dan masyarakat di Ambon pada umumnya. Semoga HIPMI dapat terus bekerjasama, bersinergi dengan Pemkot Ambon dan terus
berkontribusi bagi pembangunan dan kemajuan Kota Ambon,” tukas JMS.

Diketahui, vaksinasi massal dan pembagian sembako gratis tersebut merupakan rangkaian proses Musyawarah Daerah (Musda) XI BPD HIPMI Maluku, yang dihadiri langsung Ketua Umum BPP HIPMI Mardani Maming dan jajaran BPP. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed