by

Tinjau Pasar & Distributor, Walikota: Stok Sembako & Harga Terkendali

AMBON,MR.- Untuk memastikan kebutuhan masyarakat Kota Ambon terutama kebutuhan pokok terpenuhi dan terjangkau di bulan Ramadhan dan hari raya lebaran nantinya, Walikota Ambon Richard Louhenapessy pun turun langsung meninjau stok barang dan harga di pasar Mardika maupun sejumlah distributor Sembako, Sabtu (2/6/2018).

Dari hasil tinjauannya, Louhenapessy pun memastikan seluruh stok kebutuhan pokok masyarakat, siap untuk menyambut lebaran kali ini. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir, karena harga juga stabil, tidak ada kenaikan dan sebagainya.

“Tadi (Sabtu-red) saya tinjau di pasar, dan selanjutnya juga tinjau di beberapa distributor dan langsung berbicara dengan distributornya. Dan memang stok bahan pokok masyarakat itu sangat cukup sehingga tidak perlu dikhawatirkan. Termasuk harga pun terkendali,” tandas Louhenapessy kepada awak media usai peninjauan, Sabtu (2/6/2018).

Sebagaimana diketahui, kata Walikota, semua pihak saat ini lagi persiapan diri untuk memasuki lebaran tahun 2018. Karena itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon perlu mengantisipasi seluruh persiapan stok kebutuhan pokok bagi masyarakat baik berupa beras, telur, gula, terigu, minyak goreng dan lain sebagainya. Sehingga memastikan langsung di lapangan sebagai cara tepat agar keraguan masyarakat dapat terpenuhi

Hal ini pula menurut Walikota, sebagai langkah untuk mengantisipasi permainan harga dan penimbunan bahkan manipulasi stok bahan pokok masyarakat oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Karena hal itu, kadang sering terjadi apalagi menjelang hari-hari besar keagamaan.

“Memang ada hambatan-hambatan teknis stok barang tidak cukup. Yakni kadangkala sedikit terlambat dalam pembongkaran, misalnya akibat dari space pelabuhan yang semakin terbatas, padahal volume transportasi semakin meningkat. Dimana kadang-kadang kapal, musti dua tiga hari tertunda baru bisa bongkar,” bebernya.

Tentu dengan mengecek langsung tambah Walikota, ini salah satu efek yang didapat dan itu bisa dibicarakan. Manakala paling tidak mengusulkan sektor perhubungan juga bisa perhatikan untuk memback up hal tersebut. Sehingga betul-betul tidak menjadi beban buat masyarakat.

Untuk diketahui, selain di pasar Mardika, peninjauan juga dilakukan pada distributor UD. Gema Rejeki dan PT Tri Samudra. Dimana Walikota didampingi Sekretaris Kota Ambon, A.G.Latuheru, Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Ambon, Pieter Leuwol,Plt Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian, Joy Adriansz, Plt Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Kepala Bagian Protokoler dan Komunikasi Pimpinan. (MR-05)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed