by

Tindaklanjuti Laporan Revitalisasi Benteng Victoria, KSP: 10 Maret, Rapat K/L & Badan

AMBON,MRNews.com,- Menindaklanjuti laporan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon terkait revitalisasi Benteng Victoria dan relokasi markas Kodam XVI Pattimura, akan digelar rapat lengkap kementerian, lembaga dan badan pada 10 Maret mendatang.

Hal tersebut ditegaskan Deputi I Kantor Staf Presiden (KSP) Febry Calvin Tetelepta saat melakukan rapat dengan jajaran pemerintah kota (Pemkot) Ambon, di Jakarta, Kamis (25/02/2021).

“Tanggal 10 Maret 2021, KSP akan lakukan rapat lengkap dengan kementerian lembaga (K/L) dan badan untuk menindaklanjuti laporan Pemkot Ambon soal kesiapan Pemkot Ambon dalam proses revitalisasi Benteng Victoria dan relokasi markas Kodam (Makodam) XVI Pattimura,” jelasnya.

Dikatakan, KSP telah menerima laporan Pemkot Ambon yang sudah melakukan koordinasi dengan berbagai kementerian lembaga (K/L) dan badan untuk proses revitalisasi Benteng Victoria dan Makodam.

“Selanjutnya akan dilakukan rapat di kota Ambon pada 18 Maret 2021 bersama K/L terkait untuk membahas infrastruktur revitalisasi Benteng Victoria,” terang Febry melalui rilis yang diterima media ini, Kamis.

Selain membahas revitalisasi Benteng Victoria dan relokasi Makodam, sejumlah program juga akan dibahas seperti pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) dan Youth Creative Hub di Kota Ambon.

“Langkah cepat Pemkot Ambon perlu ditindaklanjuti agar upaya revitalisasi dan relokasi markas Kodam XVI Pattimura segera dilakukan,” harap Ketua Umum PNPS GMKI itu.

Sementara itu, Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengaku, setelah melakukan pertemuan dengan Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Pemkot Ambon mendapat dukungan positif.

Upaya tersebut merupakan tindaklanjut dari pertemuan yang telah dilakukan sebelumnya bersama Kementerian Pekerjaan Umum RI dan beberapa Kementerian terkait lainnya.

“Sebelumnya kita telah lakukan pertemuan dengan Pak Moeldoko, dan beliau telah menugaskan deputi 1 untuk menangani kelanjutan prosesnya,” katanya.

Tahap pertama telah rampung seluruh kementerian terkait dukungan. Selanjutnya akan ditetapkan tanggungjawab setiap kementerian dan lembaga terkait.

Rencana tindaklanjut yang disampaikan Pemkot Ambon yakni, membuat proposal dan laporan revitalisasi Benteng Victoria kepada Gubernur Maluku dan pemerintah pusat. Selanjutnya melakukan pertemuan dengan K/L terkait, dilanjutkan penilaian aset Kodam XVI Pattimura oleh KPKNL Ambon.

“Selain itu penilaian lahan pengganti di Negeri Tawiri dan pelaporan oleh KJPP, sosialisasi bagi masyarakat lahan pengganti dan penyusunan “site plan” lahan pengganti. Seluruh tahapan dimulai Januari 2020. Ditargetkan sesuai jadwal akan berlangsung hingga Desember 2021,” ujarnya.

Diketahui, dalam pertemuan dengan deputi 1 KSP, Walikota didampingi sejumlah pimpinan OPD, Wakil Ketua DPRD kota Ambon Rustam Latupono dan ketua komisi I DPRD kota Ambon Zeth Pormes.

Serta perwakilan Kodam XVI Pattimura yaitu Pabandya Faskon Slogdam XVI/Pattimura Letkol Czi Herry Wibowo dan Wadan Denzibang Kodam XVI/Pattimura Mayor czi Aditya Arifianto. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed