by

Sairdekut : Gempa Damer Perlu Segera Penanganan Tanggap Darurat

AMBON,MRNews.com.- Gempa dengan kekuatan 5,7 M mengguncang Kabupaten Maluku Barat Daya pada tanggal 12 Desember 2021 pukul 00.29 Wit

Gempa yang terjadi tengah malam, disaat masyarakat tidur lelap cukup membuat panik . Akibat gempa tersebut menimbulkan kerusakan sekitar 21 rumah warga dan rumah ibadah di 3 desa di Kecamatan Damer, Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku masing-masing di Desa Babar Barat mengalami kerusakan sekitar 13 Rumah Rusak Berat, 6 Rumah Rusak Sedang,1 Balai Dusun Rusak Sedang , dan 1 Rumah Ibadah yang mengalami rusak Sedang.

Dari data yang diperoleh kerusakan juga di Desa Ilih dimana ada 2 rumah warga mengalami kerusakan sedang dan 1 Gedung Gereja rusak sedang . Sementara di di Dusun Babar Timur kerusakan juga pada 1 Gedung Gereja dengan rusak sedang sementara 4 rumah warga mengalami kerusakan rusak sedang.

Gempa juga mengakibatkan putusnya sarana prasarana air bersih di Desa Kumur .
Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku asal Dapil Maluku Barat Daya-Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Melkianus Sairdekut mengatakan cukup prihatin dengan kondisi masyarakat yang masih trauma akibat gempa dan membuat rumah warga mengalami kerusakan.

” Saya turut meng-up date kondisi saudara-saudara yang mengalami korban gempa di beberapa desa di Kecamatan Damer. Karena itu saya berharap dapat segera ditangani dengan baik ” ujar Sairdekut di ruang kerjanya, Selasa (14/12).

Menurut politisi Partai Gerindra itu, pentingnya tanggap darurat yang dilakukan sebagai bentuk kepedulian bagi masyarakat yang akan memasuki hari Natal dan Tahun Baru.

Dirinya berharap Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik itu di tingkat kabupaten maupun provinsi untuk selalu melakukan koordinasi terkait dengan penanganan bagi masyarakat yang mengalami dampak langsung gempa.

” Saya berharap koordinasi terus dilakukan baik itu ditingkat kabupaten maupun provinsi agar bisa bersama-sama melakukan penanganan tanggap darurat secara cepat dan tanggap” ujar Sairdekut.

Pentingnya pendampingan bagi masyarakat mengingat umat Kristiani berada pada masa Adventus sekaligus bersiap menyambut perayaan hari Natal dan Tahun Baru. (MR-01)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed