by

Pemda MBD Tata Parkiran Bagi Angkot di Tiakur

AMBON,MRNews.com,- Mobil Angkutan Kota (Angkot) di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) khususnya di ibukota Tiakur-Moa mulai menjamur. Pemerintah daerah (Pemda) MBD pun mulai menata parkiran Angkot.

Bupati MBD Benjamin Th Noach katakan, mulai banyaknya Angkot di Bumi Kalwedo seiring jangkauan dari satu desa ke desa lainnya terutama dari pusat ibukota Tiakur yang jauh dan butuh biaya mahal jika sekali naik ojek yang jadi transportasi utama.

“Katong ini kan su mulai ada Angkot. Ada di Desa Pati, Werwaru tapi parkirannya seng ada. Jadi niatnya untuk ada tempat parkiran disana. Masjid Tiakur kan di belakangnya sesuai tata pembangunan itu terminal. Tapi kalau jalan dan bangun tidak selesai, itu masalah,” tandasnya kepada wartawan di Ambon, Selasa (22/3/22).

Oleh sebab itu, Pemda kata dia, menempuh opsi membangun sejumlah rumah toko (Ruko) seperti di kawasan terminal Mardika Ambon dengan area parkiran luas dekat terminal. Namun tidak banyak, sesuai kemampuan keuangan daerah.

“Agar mobil Angkot yang sudah ada tempat parkir, orang nyaman datang naik saja. Dia kan bersebelahan dengan pasar Tiakur. Pasarnya sendiri akan ditata setelah SKPT Moa. Ruko kita bangun didepannya, ada empat blok, satu blok enam petak. Tengahnya jadi terminal sementara,” urai Noach.

Khusus terkait Ruko kata politisi PDI Perjuangan itu, warga MBD baik di daerah maupun diluar tetap jadi prioritas mendapati Ruko, yang telah didesain bangunannya senyaman mungkin oleh ahli yang juga perancang pasar Kisar.

Tapi diharapkan warga tidak boleh main curang jika memang dapat gratis, jika sewa tentu pendekatannya lain.

“Nanti urusannya dengan Disperindagkop, datangkan dan lihat mau yang mana. Katong tetap prioritas warga MBD. Yang penting mereka bisnis betul. Tapi memang itu Ruko dibuat dua lantai dan harus sewa,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed