by

Pastikan Pilkada Aman, Kapolres MBD Siapkan 250 Personil

AMBON,MRNews.com,- Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) termasuk satu dari empat kabupaten di Provinsi Maluku yang akan menggelar Pilkada serentak tahun 2020, 23 September mendatang.

Sebagai penanggungjawab keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukum Polres MBD, Kapolres AKBP Norman Sitindaon memastikan Pilkada di bumi Kalwedo itu akan berjalan aman dan lancar. Dirinya pun menyiapkan total 250 personil yang tersebar di 8 Polsek untuk mengamankan jalannya event politik lima tahunan itu.

“Untuk kesiapan pengamanan dari Polres MBD, pertama dari sisi personilnya. Kita sudah siap dengan jumlah personil sebanyak 250 yang tersebar di 8 Polsek. Pilkada harus kita pastikan aman. Tanggungjawab keamanan sesuai amanat UU no 2 tahun 2002 tentang Polri memang ada di Polri. Tapi Polri wajib juga mengajak peran serta masyarat tentunya sama-sama mendukung, menciptakan situasi kondisi yang aman,” ungkap Norman.

Dirinya mengakui, sudah melakukan kerjasama dengan Pemda MBD terutama terkait anggaran Pilkada. Dimana untuk Polres sendiri 4 Miliar.

“Untuk sementara anggaran yang diusulkan dan disetujui Pemda keseluruhan ada dua yaitu bagi Polres dan Kodim. Kodim masih satu dengan Saumlaki. Itu semua selalui Polres, sifatnya untuk pergerakan TNI masih back-up,” beber Norman kepada wartawan di Ambon akhir pekan kemarin.

Memang diakuinya, jangkauan pengamanan MBD yang lebih banyak di pulau-pulau jadi tantangan tersendiri. Manakala, MBD terdiri dari 17 Kecamatan, 117 Desa, 48 Pulau. Diantara 48 pulau itu 17 pulau yang ada penduduknya atau berpenghuni, sedangkan 31 pulau masih kosong. Maka berbagai upaya dan kebijakan telah ditempuh guna memastikan kesadaran akan Kamtibmas oleh masyarakat tetap terjaga dan gangguan dari luar dapat diatasi.

“Kita lebih banyak melakukan kegiatan preventif atau mencegah dini lewat fungsi intelejen. Kemudian ada himbauan-himbauan, sosialisasi, bertemu masyarakat sekaligus ajak mereka untuk turut sukseskan Pilkada. Bhabinkamtibas yang sampai di pelosok untuk menghimbau bahwa ini tahun Pilkada dan tanggungjawab pengamanan ada di kepolisian. Tapi kami juga ajak peran serta masyarakat bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas,” jelasnya.

Terkait juga dengan sarana-prasarana pihaknya juga sudah mempersiapkan, kemudian juga sudah banyak menerima arahan-arahan terkait Pilkada. “Memang ini menjadi agenda, program prioritas bapak Kapolri terkait pengamanan Pilkada. Kami dari Polres MBD akan siap sebaik mungkin terkait pengamanannya,” tutup perwira berpangkat dua melati di pundak. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed