by

Anugerah Talenta Unika Soegijapranata, Spesial Hadirkan Gubernur Jateng & Walikota Ambon

AMBON,MRNews.com,- Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata akan menggelar acara Festival Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (FPPM) bertajuk Anugerah Talenta “Talenta Unika Soegijapranata untuk Indonesia,”.

Pada acara yang berlangsung virtual itu, Selasa (28/12), spesial menghadirkan dua tokoh nasional yaitu Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dan Walikota Ambon Richard Louhenapessy dari Semarang dan Ambon untuk memberi sambutan, bersama Rektor Unika Ferdinandus Hindiarto.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Ferdinandus Taso menjelaskan, Anugerah Talenta merupakan acara puncak dari penelitan dan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan Unika Soegijapranata di Kota Ambon.

“Kegiatan penelitian dilaksanakan Unika pada empat negeri di kota Ambon; yakni Laha, Latuhalat, Hutumuri dan Soya,” jelas Taso di Balaikota Ambon, Senin (27/12).

Tindak lanjut dari penelitian tersebut kata dia, adalah pelaksanaan pengabdian masyarakat dengan melatih para guru sekolah dasar yang berada pada empat negeri tersebut dalam Implementasi Pengetahuan Tradisional untuk mata pelajaran muatan lokal.

“Sekitar 10 sekolah yang diwakili Kepala Sekolah dan Guru pengampuh muatan lokal, telah dilatih pada 17 – 23 Desember lalu, untuk menerapkan pengetahuan tradisional, karena hasil penelitian Unika menunjukan bahwa masyarakat di negeri tidak semuanya memahami pengetahuan tradisional,” ungkapnya.

Dengan adanya pengabdian kepada masyarakat, diharapkan nantinya siswa kelas 4, 5, dan 6 Sekolah Dasar akan mulai mengenal budaya lokal, atau nilai – nilai kearifan lokal negeri setempat.

“Berdasarakan penelitian Unika, kearifan lokal tersebut selain menjadi budaya yang unik, juga menjadi modal dan kekuatan untuk perdamaian,” imbuhnya.

Ditegaskan, dengan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan Unika maka implementasi pengetahuan tradisional dalam pelajaran muatan lokal nanti tidak hanya dilaksanakan di empat negeri diatas, tetapi juga pada negeri lain yang miliki pranata adat yang sama. (MR-02/MC)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed