by

29 Delegasi Ikut Festival Qasidah Nasional di Ambon

AMBON,MRNews.com,- Kurang lebih 29 delegasi provinsi di Indonesia telah menyatakan kesiapan untuk mengikuti penyelenggaraan festival bintang vokalis Qasidah tingkat nasional tahun 2019 di kota Ambon, Provinsi Maluku bulan November mendatang.

“Kurang lebih ada 29 delegasi telah menyatakan kesiapan mengikuti penyelenggaraan festival bintang vokalis Qasidah tingkat nasional tahun 2019 di kota Ambon. Tapi nanti kita akan cek lagi berapa jumlahnya, lalu kita siapkan secara teknis saja,” papar Walikota Ambon Richard Louhenapessy kepada awak media di Ambon, Senin (21/10/19).

Akan tetapi, pemerintah kota (Pemkot) dan panitia rencananya di akhir bulan nanti akan mengecek terakhir tentang kepastian jumlah peserta dari seluruh Indonesia. “Tapi tanggal 30 Oktober nanti kita akan tahu berapa jumlah peserta dari seluruh Indonesia. Sebab akan dilakukan checking terakhir,” ujarnya.

Event umat Islam tersebut, kata Louhenapessy bakal berlangsung pada Minggu terakhir bulan November dan rencananya akan dihadiri dan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo sebagaimana informasi yang disampaikan Menteri Agama (Menag) setelah dilakukan komunikasi dengan pihak istana untuk mengatur jadwal Presiden.

Maka dirinya mengaku merasa penting berkoordinasi dengan pemerintah provinsi Maluku terkait event tersebut guna memperlancar persiapan teknis dan non teknis di lapangan nantinya termasuk orientasi kegiatan yang tidak dalam bentuk hura-hura.

“Saya datang untuk ketemu pa Gubernur tapi hanya ada pa Sekda untuk melaporkan bahwa November ini Ambon akan menjadi tuan rumah festival bintang vokalis qasidah nasional. Orientasi kita di event itu bukan dalam bentuk hura-hura tapi betul-betul ungkapan doa dari Ambon melalui puji-pujian qasidah kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa. Sama sekali tidak ada kesan hura-hura tapi sesuai arahan Kemenag. Dan oleh Menag juga memberi informasi pa Presiden sudah tahu penyelenggaraannya di Ambon dan diharapkan Presiden akan membuka kegiatan itu,” tukasnya.

Mengenai kesiapan, diakuinya, sampai saat ini panitia sudah bergerak awal untuk mempersiapkan hal-hal yang memang diperlukan. “Rencananya seluruh acara festival qasidah tingkat nasional November nanti akan terpusat di lapangan Merdeka. Kita bersyukur sekali lapangan Merdeka sudah bagus dan rapi, yang tentu bisa menunjang setiap event Pemkot salah satunya festival qasidah ini,” tutupnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed