by

Walikota “Curhat” Rencana Bangun Stadion Sepakbola di Ambon, Menpora Janji Dukung & Rekomendasi

Jakarta,MRNews.com,- Kota Ambon juga menyimpan potensi dibidang olahraga, sebagai gudangnya atlit berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional, tak hanya gudangnya penyanyi.

Sayang, sarana dan fasilitas olahraga yang memadai belum dimiliki ibukota provinsi Maluku yang telah dikenal dunia sebagai Kota Musik. Upaya membangun sarana dan fasilitas olahraga berupa stadion sepakbola dengan standar nasional pun dijajaki.

Walikota Ambon Richard Louhenapessy didampingi Wakil Walikota Syarif Hadler dan Sekretaris Kota Agus Ririmasse mencurahkan isi hatinya (Curhat) terkait
rencana pembangunan stadion kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali di Jakarta, Rabu (5/1/22).

Kepada Menpora, Louhenapessy mengaku, pemerintah dan masyarakat kota Ambon sangat mendambakan sarana dan fasilitas olahraga berupa stadion sepakbola seperti yang dimiliki kota maju lainnya di Indonesia.

“Momentum yang sangat kita dambakan yakni menyampaikan aspirasi masyarakat Kota Ambon kepada bapak Menteri bahwa betapa pentingnya sarana dan fasilitas olahraga bisa dimiliki Ambon sebagai salah satu kota yang maju,” kata Walikota.

Dengan fasilitas seadanya, akui Louhenapessy, atlit asal kota Ambon dan Maluku telah dikenal sebagai atlit berprestasi khususnya di cabang sepakbola maupun atletik.

Olehnya, Walikota meyakini dengan adanya fasilitas stadion yang memadai, bukan tidak mungkin prestasi yang dicapai akan lebih baik dan tinggi lagi.

“Kita tahu atlit sepakbola dan atletik disumbangkan dari Ambon, padahal fasilitas kita tidak memadai, kalau memadai, saya yakin atlet Maluku dapat berbicara lebih ditingkat nasional maupun internasional,” terangnya.

Pemkot Ambon, ungkap Walikota sangat berterima kasih dan mengapresiasi perhatian Menpora Amali terhadap aspirasi demi peningkatan prestasi olahraga.

Dirinya berharap rencana pembangunan stadion sepakbola berstandar nasional dapat segera terealisasi dengan dukungan dari pemerintah pusat.

Aspirasi dari Walikota dan jajaran Pemkot Ambon itu disambut baik Menpora. Amali mengakui, Ambon dan Maluku memang merupakan penyumbang atlit tingkat nasional dan internasional.

“Saya terima Walikota, Wawali dan Sekot bersama jajaran yang sudah menyampaikan kebutuhan fasilitas olahraga di Ambon dan Maluku pada umumnya, agar ada stadion sepakbola. Kita tahu Ambon dan Maluku ini penyumbang atlit di tingkat nasional dan internasional. Meski muncul dari daerah lain, sebenarnya berasal dari Maluku,” tukasnya.

Dikatakan, banyak atlit Maluku yang membela provinsi lain, karena faktor fasilitas lebih baik. Karena itu pembangunan stadion sepakbola bukan saja menjadi dambaan namun kebutuhan mendesak bagi masyarakat.

“Banyak atlit asal Maluku yang membela provinsi lain pada PON maupun kejuaran nasional lain. Maka kita harapkan pembangunan stadion cepat terwujud agar talenta dari kota Ambon tidak lari kemana –mana karena ada fasilitas,” terangnya.

Kepada Walikota, Menpora berjanji mendukung sepenuhnya dan merekomendasikan pembangunan stadion sepakbola di kota Ambon pada pihak terkait di tingkat pusat.

“Kita akan rekomendasikan pada pihak terkait di pemerintah pusat, untuk saya sambut baik keinginan dari Walikota dan masyarakat kota Ambon,” pungkas politisi Golkar yang juga mantan anggota DPR RI.

Selain Wakil Walikota dan Sekkot, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Richard Luhukay, Kepala Bappeda Enrico Matitaputty, serta Kepala Bagian Umum Ongen Aponno juga ikut dampingi Walikota. (MR-02/MC)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed