by

Vaksin Gratis Berakhir 31 Mei, Setelahnya Berbayar

AMBON,MRNews.com,- Walikota Ambon Richard Louhenapessy menghimbau seluruh pedagang dan pengusaha untuk melakukan vaksinasi Covid-19 saat ini mumpung masih gratis. Karena setelah tanggal 31 Mei 2021, vaksinasi sudah berbayar Rp 800 ribu per orang.

Diketahui, usai Idul Fitri 1442/H, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) saat ini sedang melakukan pelayanan penyuntikan vaksin Covid-19 masal bagi ASN, guru, tukang ojek, supir, pengusaha, karyawan karaoke dan pedagang di Tribun Lapangan Merdeka hingga 31 Mei mendatang,

“Pelayanan bagi kategori orang yang dimaksud, memang masih bersifat gratis. Namun pembebasan biaya tersebut hanya berlaku hingga 31 Mei nanti. Setelah itu, jika ingin divaksin mereka harus membayar sebesar Rp 800 ribu,” jelas Walikota di tribun lapangan merdeka Ambon, Senin (24/5).

Karena itu, dirinya menyarankan kepada seluruh pengusaha dan pedagang agar, memanfaatkan waktu sisa pelayanan vaksin gratis yang dilakukan Pemkot.

“Sudah ada surat edaran dari pemerintah pusat, untuk ASN, Guru, Pedagang dan Pengusaha, kalau mau divaksin harus bayar Rp 800 ribu, setelah tanggal 31 Mei. Makanya mumpung masih gratis, datang lalu vaksin, ” ujarnya.

Vaksin berbayar setelah tanggal 31 Mei 2021 mendatang sambungnya, hanya akan diberlakukan bagi ASN, Guru, pedagang dan pengusaha. Sementara untuk masyarakat, tetap dibebaskan biaya penyuntikan.

“Untuk masyarakat tetap gratis. Ini hanya berlaku bagi beberapa kategori dimaksud. Dan kedepannya, sebelum mendapatkan pelayanan administrasi di pemerintahan, harus memiliki sertifikat vaksin. Jadi jangan dianggap remeh, ” terangnya.

Saat ini memang tambah dia, seluruh pelayanan di pemerintahan belum mewajibkan setiap orang melampirkan sertifikat vaksin, dalam setiap pengurusan administrasi. Tapi nanti bila tingkat vaksin sudah 40 persen secara nasional, maka seluruh aktifitas itu harus dilengkapi sertifikat vaksin.

“Seperti contoh, mau berangkat ke luar negeri atau kemana saja, harus dilengkapi sertifikasi tadi,” kuncinya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed