by

Tim Lemdiklat Polri Sosialisasi Transformasi 8 Program Prioritas ke Polda Maluku

AMBON,MRNews.com,- Tim Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri
yang dipimpin Karo Bindiklat Brigjen Pol Desmawan Putra menyambangi Polda Maluku.

Kedatangan tim untuk menyampaikan transformasi 8 program prioritas Kalemdiklat di Rupatama Mapolda Maluku, Kamis (14/10/21).

Kegiatan tersebut dihadiri Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andri dan Wakapolda Brigjen Pol Jan de Fretes dan jajaran.

Dalam paparannya, Brigjen Pol Desmawan Putra katakan, 8 program prioritas Kalemdiklat Polri bertujuan untuk mewujudkan Lemdiklat Polri dalam mencetak anggota center of excellence Polri yang Presisi.

Selain itu, 8 program prioritas Kalemdiklat Polri juga merupakan bentuk transformasi pendidikan Polri, dan strategi Lemdiklat learning dan memposisikan kampus sebagai objek vital Polri.

8 program prioritas Kalemdiklat Polri, kata dia yaitu:

  1. Mewujudkan kampus sehat
  2. Mewujudkan kampus aman
  3. Mewujudkan kampus sebagai pusat keunggulan
  4. Menjadikan kampus tempat 8 favorit dan prestasi
  5. Membangun kampus dengan kurikulum kekinian dan jawab tantangan tugas
  6. Membangun kampus dengan struktur kuat
  7. Membangun kampus kebangsaan
  8. Mengembangkan PTIK menjadi universitas keamanan.

“Jika Polri ingin mempersiapkan generasi penerus yang unggul, kreatif dan inovatif. Ini sebagai alat utama yang siap menghadapi berbagai tantangan yang Volatility, Uncertainty, Complexity dan Ambiguity,” terangnya.

Olehnya itu, kampus-kampus Polri sebagai tempat produksi harus dibenahi dan diposisikan sebagai obyek vital Polri. Guru dan pengasuh sebagai aktor, namanya harus didukung dengan aturan Binkar yang khusus.

Delapan program proritas informasi pendidikan Polri, kata dia, sebesar-besarnya ditujukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, mewujudkan lembaga sebagai center of excellence dalam mencetak anggota Polri yang Presisi, serta mempersiapkan sumber daya manusia, kreatif dan inovatif.

“Keberhasilan mempersiapkan generasi penerus menjadi tugas kita bersama. Abai Dan lemah mempersiapkan sumber daya manusia Polri sekarang, sama dengan mempersiapkan bom waktu dan kehancuran Polri di masa yang akan datang,” katanya.

Sementara itu, Kapolda Maluku Refdi Andri
berharap apa yang dipaparkan, dapat diwujudkan untuk generasi yang akan datang menuju Polri yang Presisi.

Mantan Kakorlantas Polri ini mengaku, Pendidikan Tamtama hanya ada pada Brimob dan Polair. Ia berharap kedepan akan ada pendidikan Tamtama untuk Pengemudi Pejabat Utama Polri yang profesional.

“Agar mereka dapat mengerti tentang keselamatan, menguasai perlengkapan mesin dan mobil, serta hanya berfokus untuk mengemudi,” pintanya.

Selain itu, Kapolda juga berharap adanya pendidikan atau sekolah khusus untuk Ajudan. Sebab, ajudan juga dibutuhkan Pejabat Utama Polri.

“Ini perlu dikaji. Talent Scouting ini kita berharap dengan kebijakan Kalemdikat ini betul-betul harus Presisi. Untuk semua Polda Tipe A, jabatan Semua Karo di tingkat Polda eselonnya harus sama, begitu pula Direktur, dan Kepala Bidang,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed