by

Tepat di HUT Kota Ambon, Tarif Angkot Bakal Naik, Ini Alasannya

AMBON,MRNews.com,- Bertepatan dengan perayaan HUT ke-446 Kota Ambon pada 7 September 2021 mendatang, tarif Angkutan Kota (Angkot) bakal dinaikkan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon Robby Sapulette katakan, penyesuaian tarif Angkot sesuai harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite dan akan dilaunching 7 September.

“Dalam rencana kita seperti itu. Tapi memang berbagai proses akan dijalani dulu untuk sampai kesana,” sebut Sapulette kepada awak media di Baileo Rakyat Belakang Soya usai temui sopir angkot yang melakukan mogok, Kamis (26/8).

Penyesuaian tarif Angkot dilakukan Pemkot Ambon, karena akui Sapulette, terhitung mulai September 2021, secara nasional BBM jenis Premium tidak diproduksi lagi.

“Seluruh daerah di Indonesia sudah tidak pakai premium lagi. Dan di Maluku, hanya Kota Ambon saja yang masih jual premium. Makanya, September produksinya sudah tidak ada lagi, ” jelasnya.

Karena ini kebijakan nasional, mau tidak mau, Pemkot harus ambil satu kebijakan untuk melakukan penyesuaian tarif Angkot. Sehingga September nanti, tarif Angkot tidak akan menggunakan harga Premium lagi melainkan harga pertalite.

“Mengenai jumlah penyesuaian tarif, kita masih menunggu keputusan dari Pertamina. Paling lambat sampai awal September ini, berapa tarif Pertalite dari Pertamina,” ujarnya.

Pasalnya tarif Pertalite yang dikeluarkan Pertamina, akan menjadi dasar dan acuan, berapa tarif baru seluruh Angkot yang ada di Kota Ambon.

Guna membicarakan lebih lanjut persoalan tersebut, Sapulette tambahkan, Walikota Ambon Richard Louhenapessy, rencananya ingin melakukan pertemuan dengan seluruh pihak terkait.

“Pa Walikota berencana undang semua pihak mulai dari Disperindag, Satpol-PP, perwakilan ketua Trayek Angkot, SPBU, dan Pertamina untuk bicarakan hal ini. Mungkin pekan depan,” pungkasnya.

Sementara, salah satu sopir Angkot, Fian Kufla meminta sambil menunggu naiknya tarif Angkot, Dishub diharapkan berkoordinasi dengan Pertamina agar mensuplai BBM jenis Premium ke semua SPBU agar sopir angkot tidak lagi kesulitan mendapat dan terus antri panjang di 2 SPBU.

“Kami harapkan Pemkot tepati janji untuk naikkan tarif angkot seiring Premium hilang mulai September mendatang. Jika tidak maka aksi besar memprotes akan terjadi lagi,” demikian Kufla. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed