by

Satgas : Kuliner Malam Masih Membandel

AMBON,MRNews.com,- Ada beberapa pelanggaran yang ditemukan dalam masa PPKM mikro diperketat, khusunya saat Satuan Tugas (Satgas) melakukan operasi yustisi di malam hari, ditemukan usaha kuliner malam masih bandel.

“Kuliner malam sering kita temui beberapa kali, beroperasi melebihi batas 20.00 WIT, namun tidak banyak. Mungkin karena faktor cuaca, hujan, makanya mereka terlambat membereskan barang-barangnya,” terang
koordinator fasilitas umum Satgas Covid-19 Kota Ambon Richard Luhukay, Rabu (14/7).

Diluar kuliner malam, dari hasil pantauan pihaknya melalui operasi Yustisi, baik pagi, siang sore bahkan malam hari, kata Luhukay, seluruh tempat usaha hanya beraktivitas sesuai waktu yang telah ditetapkan.

“Paling sering itu kita lakukan Yustisi sore hari. Dan terpantau, pada waktu 17.00 WIT, seluruh pertokoan sudah tutup, begitu juga pasar dan terminal 18.00 WIT sudah tidak ada aktivitas lagi,” papar Kadispora Kota Ambon itu.

Pasca turunnya instruksi Walikota nomor 3 tahun 2021 tentang pemberlakuan PPKM mikro diperketat diakui Luhukay, Satgas tidak henti-hentinya melakukan Yustisi untuk memastikan pelaku usaha dan masyarakat menaati aturan dan protokol kesehatan (Prokes).

Manakala ketika menemukan ada yang buat pelanggaran, Richard mengaku, pihaknya tidak memberikan sanksi tegas, melainkan hanya edukasi dan sosialisasi tentang aturan PPKM Mikro diperketat kepada masyarakat.

“Ditengah PPKM mikro ini, psikologi orang agak sedikit berbeda, ada yang cepat emosi dan sebagainya. Maka kita kurangi tindakan yang dapat memancing emosi. Hanya kita beri edukasi, sosialisasi, serta himbau untuk segera bubar. Masyarakat sejauh ini kooperatif atas himbauan itu” tandasnya.

Oleh sebab itu, tambah Luhukay, aturan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro diperketat, yang ada di Kota Ambon, hingga saat ini masih mampu dikendalikan Satgas Covid-19.

“Sampai sejauh ini, PPKM mikro diperketat bisa kita kendalikan. Itu karena semua aturan yang ada dipatuhi masyarakat,” kuncinya.

Sebelumnya, dalam beberapa kali pantauan media ini pasca berlakunya PPKM Mikro diperketat, sejumlah kuliner malam di kawasan OSM, Benteng, Batumerah masih beroperasi melewati jam operasional yang ditentukan. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed