by

Resmikan Masjid & Pusdik Deradikalisasi di Tulehu, Kadensus 88 : Peradaban Akal & Iman Terbangun

AMBON,MRNews.com,- Kadensus 88 AT Polri, Irjen Pol Marthinus Hukom bersama Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif menghadiri peresmian Masjid Rahmatullah, di Negeri Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Rabu (30/3/22).

Selain masjid, dua jenderal bintang 2 Polri itu juga menyaksikan pengukuhan Yayasan Pondok Pesantren Darul Muluk Rahmatullah sebagai pusat pendidikan (Pusdik) Islam Washatiyah dan deradikalisasi Densus 88 AT Polri di Maluku.

Kapolda menyampaikan penghargaan setinggi tingginya kepada semua pihak yang sudah memprakarsai pembangunan masjid ini, khususnya keluarga besar Haji Raden Ngabehi Tjoek Soekirman dan Ibu Hajjah Martia Lestaluhu.

“Semoga apa yang telah dicurahkan untuk pembangunan masjid ini menjadi amal jariyah bagi bapak dan ibu sekalian,” kata Kapolda mendoakan.

Konsep mendirikan masjid, katanya, bukan hanya sebagai tempat beribadah. Namun juga dapat dijadikan sebagai sarana pembelajaran dan dakwah.

“Serta dapat juga difungsikan sebagai tempat musyawarah, menyebarkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan, maupun persaudaraan dan kerukunan antar umat,” pintanya.

Mantan Kapolda Nusa Tenggara Timur ini berharap, dengan diresmikannya masjid tersebut, umat akan lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, apalagi beberapa hari lagi akan memasuki bulan suci Ramadan.

“Makmurkanlah masjid khususnya pada 5 waktu shalat, perbanyak pengajian sehingga nilai-nilai ibadah yang diraih akan lebih banyak,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Kadensus 88 AT Mabes Polri, Marthinus Hukom, juga sampaikan terima kasih kepada keluarga R. Tjoek Soekirman dan lima pandawa.

“Dua hal yang dibangun hari ini telah hadirkan dua dimensi, yakni dimensi iman dan dimensi akal atau rasio. Sangat luar biasa sekali, hari ini sudah membangun peradaban akal dan iman,” katanya.

Di hari ini, Kadensus mengaku sudah terbangun hubungan dengan Tuhan dan dengan sesama manusia.

“Pintu masuk masyarakat ke kota Ambon dari Timur ada di negeri Tulehu. Dari sini kita membuat bola gelindingan agar hidup saling berdampingan di Maluku semakin terpelihara dengan baik,” harapnya.

Untuk diketahui, peresmian masjid Rahmatullah ini dilaksanakan dengan pemotongan pita oleh Kadensus 88 AT Mabes Polri, didampingi Kapolda dan keluarga besar Tjoek Soekirman.

Usai peresmian, dilanjutkan dengan tanam pohon bersama oleh keduanya, perwakilan Pangdam Pattimura dan keluarga Tjoek Soekirman serta tokoh-tokoh agama di Maluku.

Wakapolda Maluku Brigjen Pol Jan de Fretes, para pejabat utama Densus 88 AT Mabes Polri dan para PJU Polda Maluku ikut hadir pada momen tersebut. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed