by

Persiapan Pergantian Sekkot Jadi Prioritas Pemkot

AMBON,MRNews.com,- Pemerintah kota (Pemkot) Ambon dalam waktu dekat akan mulai melakukan persiapan untuk proses pergantian sekretaris kota (Sekkot) Ambon.

Hal itu diakui Walikota Ambon Richard Louhenapessy.

Pasalnya, Sekkot Ambon saat ini Anthony Gustav Latuheru akan berakhir masa jabatan seiring waktu purnabakti sebagai aparatur sipil negara (ASN) terhitung 1 Desember 2021 mendatang.

“Dalam waktu dekat kita sudah mulai prioritaskan untuk persiapan pergantian Sekkot. Itu dilakukan setelah kita penataan birokrasi seluruhnya,” akui Walikota kepada awak media di Ambon, Selasa (1/6/21).

Penjaringan calon Sekkot sebutnya belum berjalan, karena ada mekanismenya. Dimana ada tim yang nanti dibentuk untuk mengatur tahapan penjaringan dan tahapan lainnya sesuai aturan yang berlaku.

“Bulan Juli kira-kira katong mulai start dengan semua itu,” tandasnya.

Soal siapa calon kata dia, belum bisa diketahui saat ini. Karena nanti akan dibuka pendaftaran dan penjaringan oleh yang dibentuk. Namun salah satu persyaratan calon Sekkot adalah sudah dua kali menduduki jabatan pada eselon II.

“Siapa yang sudah dua kali eselon II, dia bisa mendaftar. Nanti baru tim asesor akan melakukan pengujian dan sebagainya,” jelas Louhenapessy.

Dirinya mengajak semua ASN yang memenuhi persyaratan berpeluang mendaftar sebagai calon Sekkot. Tak saja dari ASN pemerintah kota Ambon, tapi juga provinsi atau bisa juga dari luar kota Ambon.

Nanti tim assesor serta panitia seleksi (Pansel) akan memberi penilaian dan uji sesuai persyaratan.

Soal keunggulan apa saja yang harus dimiliki calon Sekkot penerus A.G Latuheru dari kacamatanya, Louhenapessy mengaku susah mendudukan. Sebab semua yang akan maju memiliki keunggulan.

“Semua yang maju nanti nih unggul semua abis. Jadi saya agak susah untuk itu. Rata-rata semua yang maju maju unggul semua. Nanti yang berkompeten, tim asesor menilai dan kita lihat keunggulan serta kekurangannya. Itu kita pertimbangkan,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed