by

Pencanangan HUT Kota, 886 Buruh Sampah di Ambon akan Diberi Bantuan

AMBON,MRNews.com,- Bertepatan dengan pencanangan HUT ke-446 Kota Ambon, Jum’at (27/8) besok, Pemerintah Kota (Pemkot) akan melakukan berbagai kegiatan diantaranya membagikan bantuan Natura kepada total 886 buruh sampah dan buruh drainase yang ada di Kota Ambon.

“Akan dilakukan pemberian bantuan Natura yang isinya beras, gula dan minyak goreng bagi buruh sampah, buruh drainase kurang lebih 886 orang. 15 orang akan menerima secara simbolis besok,” tandas ketua panitia pelaksana HUT ke-446 Kota Ambon Joy Adriaansz.

Selain itu, sebut Joy, akan dilakukan juga aksi pemasangan stiker “dilarang membuang sampah sembarangan demi Ambon bersih” pada kendaraan umum yang menggunakan plat kuning, baik angkutan kota (angkot), mobil box dan truck.

Karena pengalaman selama ini banyak masyarakat yang menggunakan angkutan umum sering membuang sampah sembarangan dari dalam mobil keluar jalan. Hal ini jelas berdampak pada kebersihan kota.

“Diharapkan dengan pemasangan stiker itu akan memberi pemahaman kepada masyarakat agar mereka lebih peduli lagi bagi kebersihan kota,” tutur Kadis Kominfo-Sandi Kota Ambon itu di media center, Kamis (26/8).

Seiring aksi pemasangan stiker, tambah Joy, My Home Ambon dan tim penggerak PKK akan memberikan bantuan kepada mobil Angkot di kota Ambon berupa tempat sampah. Sehingga dengan disediakan tempat sampah di angkot, masyarakat sadar untuk bisa membuang sampah.

Tak hanya ketiga momen itu, saat pencanangan HUT kota, ada pula kegiatan pekan selebrasi vaksinasi masal yang dimulai besok hingga 2 September di Tribun Lapmer bagi anak usia 12-17 tahun dan ibu hamil. Sementara warga diatas 30 tahun di Pattimura Park untuk suntikan vaksin pertama maupun kedua.

Demikian juga kegiatan BARAKUDA, (Barisan Aksi Pemuda) ikut Vaksinasi Covid-19 dan Gempar Jumpa Berlian (Gerakan Masyarakat Peduli Sampah Rumah Tangga-Jumat Pagi Bersih Lingkungan).

“Gempar Jumpa Berlian ini selain di Tribun Lapmer tapi juga serempak di 50 desa/kelurahan libatkan masyarakat, usai apel jam 8 pagi. Akan dikoordinir Lurah, Raja dan Kades setempat. Terlibat didalamnya juga sekretaris OPD atau KTU dan semua pegawai Pemkot pada masing-masing desa binaan tiap OPD,” kuncinya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed