by

Penanganan Covid-19 di Ambon Terkendali, Airlangga Apresiasi & Minta Pertahankan

AMBON,MRNews.com,- Kasus Covid-19 di Kota Ambon mampu ditangani dan dikendalikan dengan baik Pemerintah Kota (Pemkot) hingga saat ini bisa turun ke level II Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dengan kasus positif sisakan 30 orang.

Menteri Koordinator (Menko) bidang perekonomian sekaligus ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto pun memberi apresiasi terhadap penanganan Covid 19 di Maluku khususnya Kota Ambon.

“Provinsi Maluku dan Kota Ambon saat ini memang telah berada di level dua. Kita ucapkan terima kasih dan apresiasi terhadap capaian yang luar biasa ini,” sebut Airlangga saat meninjau sentra selebrasi vaksinasi massal di Tribun Lapangan Merdeka Kota Ambon, Senin (4/10).

Sesuai arahan Presiden Jokowi kata Airlangga, di bulan November harapannya seluruh provinsi berada di level II. Dan patut disyukuri, Maluku dan Kota Ambon sudah mencapai itu, sehingga tinggal mempertahankan.

“Dengan demikian, tahapan berikutnya adalah mengembalikan kegiatan ekonomi dengan menerapkan protokol kesehatan,” ungkap Menko.

Dikatakan, capaian penanganan kasus Covid 19 di Provinsi Maluku dan Kota Ambon, perlu didorong, sehingga bisa sejalan dengan target pemerintah untuk menurunkan kasus secara nasional.

“Capaian yang baik ini, harus kita dorong, dimana kasus secara nasional sudah mencapai 0,62 persen. Capaian ini tentunya sudah sejalan juga dengan yang ada di Provinsi Maluku dan Kota Ambon,” tandas Ketua Umum Partai Golkar itu.

Namun demikian, Menko mengingatkan, capaian tersebut, tidak lantas membuat pemerintah dan masyarakat berpuas diri. Mengingat, di bulan Juli pernah terjadi kenaikan 570.000 ribu kasus kumulatif dan kasus aktif diatas 50 ribu.

“Kita harus tetap waspada. Alhamdulillah, sekarang secara nasional sudah dibawah 5 ribu,” tegasnya.

Tak lupa, Airlangga menginginkan agar operasional di seluruh rumah sakit tetap berjalan normal selama pandemi belum berakhir.

“Tadi dilaporkan beberapa rumah sakit untuk penanganan Covid-19 ada yang ditutup. Saya harap tidak boleh ditutup, karena kita masih pandemi. Bahkan, seluruh dunia pun masih mengalami pandemi sehingga kita harus tetap siap,” pungkasnya.

Dalam lawatannya ke Kota Ambon, Menko Airlangga didampingi para Deputi di jajaran Kemenko, Gubernur dan Forkopimda Maluku, Walikota Ambon Richard Louhenapessy dan Ketua DPD Golkar Maluku Ramli Umasugi. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed