by

Pemerintah Segera Lakukan Tanggap Darurat Bagi Warga Kariu

AMBON,MRNews.com.- Komisi I DPRD Provinsi Maluku, kembali melakukan rapat mediasi bentrok antar Dua desa bertetangga Pelauw-Kariu, Kecamatan Haruku Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) yang dipimpin, Ketua Komisi I, Amir Rumra, Kamis (10/3).

Rumra menegaskan, sesuai hasil rapat menyepakati Pemerintah Provinsi dan Pemda Malteng segera melakukan tanggap darurat.

”Kesimpulan pertama adalah Pemda Malteng dan Provinsi harus segera melakukan langkah-langkah penanganan tanggap darurat yang menyangkut dengan makan minum bagi mereka, tempat hunian, sanitasi dan persoalan pendidikan serta kesehatan, warga Kariu korban yang saat ini berada di Negeri Aboru,”kata Rumra.

Ditambahkan, khusus pembangunan hunian sementara akan segera dikerjakan. Hal ini karena dalam satu rumah terdapat tujuh Kepala Keluarga (KK) yang mendiami, dan kondisinya sangat tidak layak secara kemanusiaan.

“Penegakan hukum tetap menjadi prioritas walaupun dengan adanya kendala-kendala, seperti yang disampaikan pak Kapolda, itu tetap dilakukan sehingga masyarakat merasa betul mendapat keadilan,”ujarnya.

Sementara itu, Kapolda Maluku, Irjen Pol Drs Lotharia Latif, SH. M.Hum, menyampaikan, apresiasi atas rapat mediasi yang dilakukam Komisi I DPRD Provinsi Maluku.

”Rapat ini merupakan tindak lanjuti hasil rapat pertama dan terima kasih buat warga khususnya Pelauw-Kariu yang saat ini juga masih bisa menahan diri dan ingin persoalannya bisa segera dapat diselesaikan dengan jalan damai,”ujarnya.

Dikatakan, dalam penanganan kondisi keamanan selama ini, pihaknya selalu dibackup TNI dalam berbagai kegiatan. (MR-01)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed