by

Pembangunan Ambon New Port & LIN Sebaiknya Dialihkan ke Pulau Seram

AMBON,MRNews.com,- Anggota Komisi I DPRD Maluku, Alimudin Kolatlena mendesak Pemerintah Daerah Maluku agar segera membuat perencanaan baru terkait pembangunan Ambon New Port dan Lumbung Ikan Nasional (LIN) agar dialihkan ke Pulau Seram.

Mengingat lokasi Desa Waai, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah terkendala masalah lahan.

“Kalau agenda ini dianggap penting untuk kepentingan masyarakat di Maluku, maka pemerintah sudah harus menyusun rencana terkait lokasi. Baiknya Pulau Seram menjadi alternatif karena masih banyak lahan yang kosong” ujar Kolatlena, Rabu (9/3).

Diketahui, Pemerintah Pusat telah menunda pembangunan Ambon New Port dan Lumbung Ikan Nasional (LIN), yang akan dibangun di negeri Waai-Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Pulau Ambon.

Penundaan ini disampaikan Anggota DPR RI Dapil Maluku Hendrik Lewerissa menindaklanjuti pernyataan Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab pemerintah pusat menunda mega proyek ini, selain masih terdapat bekas peninggalan perang seperti bom dan ranjau, juga disebabkan karena masih ada penolakan dari masyarakat setempat.

“Pemda Maluku sudah harus mengevaluasi apa yang dilakukan, sehingga posisi bergaining dan lobi di pemerintah pusat harus diperkuat” demikian Kolalatlena. (MR-01)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed