by

Payapo Tutup Usia, Mendagri Tunjuk Akerina Plh Bupati SBB

AMBON,MRNews.com.- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, sementara menyiapkan Pelaksana Harian (Plh) Bupati Seram Bagian Barat (SBB) dari almarhum Yasin Payapo yang meninggal dunia kepada wakil bupati Timotius Akerina.

Sesuai aturan, jika kepala daerah meninggal dunia atau berhalangan tetap maka wakil kepala daerah diusulkan menjalankan tugas-tugas kepala daerah.

Hal ini disampaikan Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Maluku, Boy Kaya pada wartawan di gedung DPRD Maluku, Senin (2/8).

Menurutnya, sesuai aturan main, jika kepala daerah meninggal dunia atau berhalangan tetap, maka wakil Bupati akan mengantikannya tapi harus melalui mekanisme yang berlaku.

“Karena ada Wakil Bupati Timotius Akerina, untuk sementara wakil melaksanakan tugas sehari-hari Bupati, yang namanya Plh, sambil menunggu proses penetapan wakil naik menjadi Bupati,” ujarnya.

Dijelaskan jika saat ini situasi kerja dengan Pandemi Covid-19 maka di Jakarta kerja 100 persen dari rumah. Sehingga komunikasi dengan kementerian semua lewat online.

“Mudah-mudahan proses ini bisah cepat diumumkan. Kita berharap proses ini bisa cepat selesai” demikian Kaya.

Diketahui, Bupati SBB Yasin Payapo, Minggu (1/8) meninggal dunia di rumahnya kawasan Galunggung Desa Batumerah. Sebelum wafat, Payapo Sabtu (31/7) ketika masuk RSUP Leimena, di tes Swab Antigen dan hasilnya positif Covid-19. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed