by

Operasi Merah Putih Siwalima Sasar Tiga Daerah Rawan

AMBON,MRNews.com,- Polda Maluku akan melaksanakan Operasi Merah Putih Siwalima dengan menyasar tiga daerah yang dianggap rawan yaitu Kota Ambon, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dan kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

Kepala Biro Operasional Polda Maluku Kombes Pol.Wantry Julianto mengatakan, operasi ini akan dilakukan dengan pola pendekatan preemtif dan preventif, guna menangkal dan menindak tegas kelompok-kelompok berpaham radikalisme dan separatisme di Maluku.

“Penegakan hukum akan dilakukan sebagai upaya terakhir dalam mengantisipasi para kelompok seperti simpatisan RMS,” ungkap Wantry dalam latihan pra operasi Merah Putih Siwalima di Aula Command Center Polda Maluku, Kota Ambon, Rabu (21/4/2021).

Agar operasi berjalan lancar, Wantri berharap semua komponen di Polda Maluku dapat bersinergi menjalankan fungsinya. Khusus kepada personil Intelkam agar lakukan deteksi dini terhadap semua potensi gangguan yang akan terjadi sebelum dan setelah HUT RMS.

Sedangkan personil Sabhara, lanjut Wantry, agar melaksanakan patroli pada tempat-tempat yang dianggap rawan dari aktivitas kelompok RMS. Sehingga bisa meminimalisir niat dan kesempatan agar terciptanya situasi yang kondusif.

“Fungsi Binmas agar selalu memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat bahwa keamanan itu sangat penting untuk menjaga keutuhan Bangsa dan Negara,” pintanya.

Wantry juga meminta personil Reskrimum agar dapat memberikan penegakan hukum terhadap kasus-kasus yang terjadi terutama yang berkaitan dengan kegiatan kelompok RMS.

“Fungsi Brimob agar melakukan sterilisasi terhadap area yang dianggap rawan oleh simpatisan RMS,” pintanya.

Perwira menengah dengan pangkat tiga melati dipundaknya ini, mengajak seluruh lapisan masyarakat di Maluku, agar dapat membantu Kepolisian untuk secara bersama menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

“Kami mengajak masyarakat untuk bersama ciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif agar pembangunan negeri yang dilaksanakan pemerintah dapat berjalan lancar, tidak ada hambatan dan masyarakat dapat beraktivitas dengan aman dan lancar,” pintanya.

Kegiatan itu diikuti 50 personil Polda Maluku dari Satker Brimob, Dit Samapta, Dit Polairud, Bid Dokes, Dit Pam Obvit, Bid Humas, Bid Propam, dan Bid Tik. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed