by

Minyak Goreng Langka, Kapolri Minta Awasi Distributor “Nakal” di Lapangan

AMBON,MRNews.com,- Kelangkaan minyak goreng turut menjadi atensi penting pihak kepolisian. Sebab itu, semua Kapolda di Indonesia diminta awasi distributor yang “nakal” dengan menimbun atau simpan minyak goreng demi kepentingannya.

Penegasan itu disampaikan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo saat video conference bersama Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Muhammad Lutfi dan Kapolda se-Indonesia dari Jakarta, Senin (14/3).

Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif didampingi Wakapolda, Brigjen Pol Jan de Fretes, bersama seluruh pejabat utama mengikuti dari Rupattama Polda Maluku.

Mendag RI menyampaikan terima kasih kepada Kapolri dan jajaran yang telah merespon koordinasi dari Kemdag RI terkait kelangkaan bahan pangan, terkhususnya minyak goreng di Indonesia.

“Harga minyak dunia, telah mengalami kenaikan pada Januari dan Februari 2022,” kata Luthfi.

Ia mengaku, sebanyak 575.000 ton minyak goreng telah distribusikan ke seluruh daerah di Indonesia. Sehingga stok yang ada dapat mencakup seluruh penduduk Indonesia dengan perkiraan 2- 3 liter per orang.

“Kami meminta bantuan Polri agar dapat memastikan tidak ada oknum yang menahan barang, memastikan tidak ada penyelewengan barang, dan memastikan stok tersuplai di daerah,” pintanya.

Menanggapi permintaan Mendag, Kapolri memberi atensi kepada Polda jajaran agar stok yang ada pada distributor dipastikan berada di lapangan (pasar tradisional dan pasar modern).

“Terkait bisnis proses minyak goreng dan potensi pelanggarannya, pastikan distributor mendistribusikan barangnya sesuai stok yang telah didistribusikan oleh Pemerintah Pusat,” tukasnya Listyo.

Mantan Kapolda Banten ini meminta jajarannya untuk memastikan alur distribusi minyak goreng sampai hingga konsumen.

“Para Kapolda jajaran agar melibatkan Satgas yang di wilayah untuk meninjau di lapangan. Laporkan tentang produsen dan distributor yang berada di wilayah masing-masing,” harapnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed