by

Mahasiswa Papua di Ambon Dapat Bantuan Sembako, Masker & Anakan Tanaman

AMBON,MRNews.com,- Polda Maluku membagi 30 paket sembako, masker, handsanitizer dan anakan tanaman umur panjang dan pendek kepada mahasiswa asal Papua yang sementara mengenyam pendidikan di Perguruan Tinggi IAKN, Unpatti, dan UKIM Ambon.

Pembagian yang terpusat di kampus Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon, Desa Halong Kecamatan Bagula, dalam rangka peringatan hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, Selasa (17/8).

Wakil Rektor III bidang kemahasiswa IAKN Ambon Agus Gaspersz mengapresiasi Polda Maluku yang telah memberikan kepedulian penuh kepada mahasiswa Papua dan Papua Barat di Kota Ambon.

“Kepedulian yang sangat luar biasa bagi mereka (mahasiswa Papua-Papua Barat), khususnya di kampus IAKN maupun di Kota Ambon. Apalagi dalam konteks Pandemi saat ini. Disamping itu juga momentum HUT Kemerdekaan,” katanya.

Agus mengakui, saat ini kedua Provinsi tersebut sementara lockdown sehingga akses komunikasi antara mahasiswa dengan keluarga mereka agak mengalami kesulitan.

“Nah kehadiran Polda Maluku untuk mereka ini, bisa sedikit membantu sekaligus meringankan beban hidup mereka di Kota Ambon. Kita apresiasi betul kegiatan ini disamping meningkatkan rasa cinta mereka terhadap NKRI,” pungkasnya.

Selain membagikan paketan bantuan di IAKN Ambon, Polda Maluku juga memberikan bantuan anakan tanaman umur pendek dan umur panjang kepada mahasiswa Papua di asrama putra dan putri Kampus Unpatti di Kawasan Poka, Kecamatan Teluk Ambon.

Anakan tanaman diserahkan secara simbolis kepada kepala Asrama Putri Syiane Matatula, Dosen FISIP, dan mahasiswa Papua di asrama putra Mathias Andarek, dan mahasiswi Nadia Sagaz.

“Tanaman umur panjang berupa anakan rambutan binjai, tanaman umur pendek berupa bibit cili, terong, tomat dan pepaya,” kata Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol. M. Rum Ohoirat.

Juru bicara Polda Maluku ini mengaku kegiatan sosial yang dilakukan hari ini sebagai bentuk kepedulian pada peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-76 tahun.

“Kita sama-sama membangun rasa cinta Tanah Air untuk mereka di momentum HUT Kemerdekaan. Sekaligus wujud kepedulian kita terhadap mereka yang ada di Kota Ambon,” kata Rum.

Menurutnya, kegiatan pembagian bantuan juga untuk menunjukan kepada publik bahwa keberadaan mahasiswa Papua di Kota Ambon sangat aman dan nyaman.

“Kita tunjukan bahwa adik-adik kita dari Papua yang berada Provinsi Maluku, khususnya Kota Ambon, merupakan keluarga kita,” tegasnya.

Dikatakan, hingga saat ini mahasiswa Papua yang masih berada di Kota Ambon tidak sampai ratusan, sebab banyak dari mereka yang sudah kembali ke daerah masing-masing pasca liburan semester kemarin.

“Mereka di Ambon banyak, tapi karena libur semester dan sebagian diantara mereka sudah kembali. Jadi yang kita berikan ini khusus bagi mereka yang ada di Ambon,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed