by

Kerja Keras Berbuah Hasil, Kota Ambon Masuk Zona Kuning

AMBON,MRNews.com,- Kerja keras Pemerintah Kota (Pemkot) dan Satgas Covid-19 Kota Ambon sedari Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro, diperketat hingga level III membuahkan hasil dengan Ambon kini “mencicipi” zona kuning.

Tak hanya Kota Ambon, 10 kabupaten/kota lainnya di Maluku termasuk provinsi juga telah masuk zona terdampak kategori resiko rendah atau kuning.

Berdasarkan data Satgas penanganan Covid-19 nasional yang dirilis per Minggu (22/8), skoring Kota Ambon naik signifikan mencapai 2,68 atau sama dengan skoring provinsi, sebelumnya skoring hanya 2,03.

Posisi skoring zonasi tersebut kini diatas empat kabupaten seperti Kepulauan Tanimbar yang memiliki 2,48, Kepulauan Aru 2,6, Seram Bagian Barat (SBB) 2,67 dan Maluku Tengah 2,55. Sementara Kabupaten/Kota lain mempunyai skoring diatas itu.

Kabar baik ini tentu tidak lepas dari angka terkonfirmasi positif dan meninggal Covid-19 di Kota Ambon yang melandai. Sedangkan angka kesembuhan meningkat tajam.

Lihat saja, dalam dua (2) hari terakhir ini sebanyak 467 warga yang positif Covid-19 sembuh, ditambah 6.444 orang per 23 Agustus.

Membuat kasus positif, telah turun dibawah 1000 dari sebelumnya 2.114 dirawat dan meninggal 159.

“Dengan semakin menurunnya tingkat konfirmasi dan sembuh makin tinggi, jika ini bertahan, kita optimis kota Ambon akan masuk zona kuning,” sebut juru bicara Satgas Covid-19 Kota Ambon Joy Adriaansz, Selasa (24/8).

Joy lantas menghimbau kabar positif ini tidak membuat lengah warga, tapi terus disiplin menerapkan protokol kesehatan (Prokes) secara baik dan tetap mendukung terhadap pelaksanaan vaksinasi di Kota Ambon.

“Walau sudah vaksin, masyarakat tetap kita harapkan jalankan Prokes, 5 M. Jika ini berjalan secara baik, saya percaya kondisi ekonomi kita akan membaik dan aktivitas masyarakat bisa kembali normal,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed