by

Jelang Pilgub, ASN Dihimbau Tetap Fokus Pelayanan Publik

AMBON,MRNews.com,- Sebagai lembaga negara yang mempunyai kewenangan mengawasi penyelenggaraan publik yang diselenggarakan oleh penyelenggara negara dan pemerintah, termasuk BUMN, BUMD dan BHMN serta badan swasta atau perorangan, maka Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Provinsi Maluku menghimbau agar setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) di Maluku tetap fokus untuk melakukan pelayanan publik.

Pasalnya, menjelang Pilkada Maluku yang akan diselenggarakan Juni mendatang, dimana situasi politik yang memanas, bisa saja membuat ASN melalaikan tugasnya sebagai pelayan publik dan lebih fokus pada proses politik.

“Melihat kondisi politik menjelang Pilkada, saya himbau kepada seluruh ASN di Provinsi Maluku agar tetap fokus pada pelayanan publik. Kedepankan pelayanan bagi masyarakat dan hindari perilaku berpolitik yang akhirnya merugikan masyarakat dan ASN sendiri,” ujar Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Maluku, Hasan Slamat, SH.,MH, dalam rilisnya kepada media ini, Selasa (13/2).

Dirinya berharap, ASN di Provinsi Maluku dapat bersikap netral dalam proses politik di Pilgub Maluku, sehingga masyarakat tetap mendapatkan haknya untuk dilayani dengan baik.

Apalagi, tambah Hasan, UU maupun surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) tertanggal 27 Desember 2017 perihal pelaksanaan netralitas bagi ASN pada Pilkada serentak tahun 2018, Pileg 2019 dan Pilpres 2019 telah jelas menegaskan bahwa ASN harus tetap fokus melakukan pelayanan publik dan menjunjung tinggi netralitas selaku penyelenggara negara, serta tidak terlibat dalam politik praktis di Pemilu.

“Apabila masyarakat mendengar dan melihat secara langsung ASN yang turut serta dalam proses politik untuk mendukung salah satu calon tertentu, maka kami sarankan agar dapat melapor kepada Ombudsman atau lembaga lain yang berwenang,” tutupnya. (MR-05)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed