by

Hanura Maluku Mulai Jaring Balon Ketua DPD

AMBON,MRNews.com,- Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) DPD Hanura Maluku segera dihelat 23 dan 24 Oktober 2021 mendatang. Penjaringan bakal calon (Balon) Ketua DPD, pengganti almarhum Yasin Payapo pun mulai dilakukan hari ini hingga 13 Oktober.

Ketua panitia pelaksana Musdalub Hanura Maluku Hengky R Pelatta katakan, pihaknya resmi membuka pendaftaran dan pengambilan formulir Balon ketua DPD dalam waktu tiga hari, atau terhitung hari ini sampai 13 Oktober di Sekretariat DPD Hanura, setiap jam kerja, pukul 10.00-18.00 WIT.

Usai itu, masuki tahap pengembalian berkas  sejak 14-16 Oktober 2021, yang kemudian verifikasi berkas akan dilakukan oleh tim dan pengumuman hasil verifikasi berkas pada 17 Oktober.

“Balon Ketua DPD yang telah lolos verifikasi, kemudian akan diberi waktu tiga hari, 18-20 Oktober 2021 untuk melakukan kampanye pada pengurus dan kader partai di DPD dan DPC. Sebab usai kampanye, nama-nama mereka akan dibawa ke DPP untuk disetujui Ketua Umum,” tandas Pelatta kepada awak media di sekretariat panitia, Senin (11/10).

Dikatakan, ada 12 syarat pencalonan yang harus dipenuhi jika ingin maju sebagai Balon Ketua DPD Hanura Maluku. Dua diantaranya surat pernyataan tidak boleh undur diri sebagai Calon dan pernyataan bersedia menerima hasil Musdalub.

“Penjaringan ini tidak saja bagi internal partai, tapi juga terbuka bagi pihak eksternal yang ingin membangun Hanura, kenapa kita tolak. Semua potensi anak daerah dan bangsa silahkan daftar, tentu merujuk syarat pencalonan. Termasuk pengurus DPC pun bisa lamar,” tandasnya.

Pengusulan nama calon ketua DPD ke DPP kata ketua fraksi Hanura DPRD Maluku itu, merupakan sebuah tahapan pencalonan. Tetapi setelah dikembalikan, proses Musdalub akan dijalankan dan diambil keputusan.

“Meski hanya satu nama Balon, tugas kami melaksanakan semua tahapan dengan baik. Tapi saya yakin, sebagai partai terbuka, pasti akan banyak kandidat berproses. Sebab dari internal Hanura pun banyak kader potensial siap maju,” terangnya.

Disinggung soal kesiapan dirinya apakah juga akan maju sebagai calon ketua DPD, Pelatta mengaku sudah nyatakan sikap resmi dalam rapat pengurus tak berambisi. Karena sebagai kader harus saling berbagi peran.

Namun telah ada sejumlah kader yang “kabarnya” siap maju diantaranya sekretaris DPD Billy Latuheru, anggota DPRD Maluku fraksi Hanura Iqbal Payapo, Mus Mualim, Ronny Sapulette, Achmad Ohorella dan Wellem Wattimury.

“Harapan kita kepada ketua DPD Hanura Maluku kedepan tentu sama yakni harus memiliki komitmen, integritas, betul-betul ingin membangun partai dan membawa partai berjaya di momen politik kedepan, Pemilu serentak 2024,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed