by

Handoyo Kerja Jalan Sirimau Amburadul

AMBON,MRNews.com.- Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury prihatin pengerjaan jalan sepanjang 913 meter pada lokasi belakang Perumahan Pesona Alam Negeri Batu Merah Kecamatan Sirimau- Kota Ambon yang dikerjakan PT Sinar Mas Perkasa Sejati dengan menggunakan dana pinjaman PT Sarana Multi Infrastuktur (SMI) pada anggaran perubahan APBD 2020 sesuai fakta lapangan amburadul alias asal jadi.

Diketahui pengerjaan jalan oleh Handoyo pemilik PT Sinar Mas Perkasa Sejati baru sebulan pengerjaan kondisi jalan sudah rusak parah ibarat ‘kue lapis ‘ bisa dikupas bagian aspal jalan.

Karena itu, Wattimury mendesak kontraktor yang mengerjakan jalan agar segera diperbaiki karena masih dalam waktu pemeliharaan.

“Sesuai kondisi jalan yang dibagikan melalui video maka oleh kontraktor yang mengerjakan harus segera diperbaiki” ujar Wattimury di DPRD Maluku, Rabu (25/8).

Dirinya berharap pengerjaan jalan dapat berdampak baik bagi masyarakat, bukan sebaliknya.

Apalagi proyek jalan menggunakan Anggaran SMI yang tertuang dalam APBD perubahan tahun 2020. Sehingga Wattimury berharap jalan Sirimau dapat segera dikerjakan.

Sementara itu, Ketua Fraksi PDI Perjuangan Benhur Watubun kepada media menyebutkan jika pimpinan PT Sinar Mas Perkasa Sejati dalam mengerjakan pekerjaan tidak punya moral.

Tagal itu, perusahan yang dipimpin Handoyo mesti di black list dan tidak lagi diberikan pekerjaan.

“Kerja buruk dan jelek itu sangat merugikan masyarakat dan pemerintah. Karena itu baiknya Dinas Pekerjaan Umum tidak lagi memberikan pekerjaan kepada perusahan yang pekerjaannya merugikan masyarakat dan pemerintah” ujar Watubun.

Diketahui pengerjaan jalan Kecamatan Sirimau secara keseluruhan panjang jalan yang di bangun dengan besaran anggaran 4,8 miliar dengan total panjang 3116 meter terbagi pada tujuh titik.

Dari sumber tepercaya di Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Maluku yang namanya tidak mau disebutkan mengatakan, sebenarnya jalan tersebut baru dibuka untuk dipakai.

Sesuai konstruksi pelapisan jalan atau yang disebut sirtu harus setebal 25-30 cm.

Dijelaskan dari video yang beredar aspal yang di gunakan adalah Hotmix, berarti ketebalan harus 3,5 cm, tapi terlihat tidak mencapai 1 cm.

Kalau pun itu Lapen, harus ada lapisan yang kuat, seperti batu ukuran 5-10 cm, sesudah itu digilas, kemudian dilapisi lagi dengan kerikil lalu digilas kemudian disiram dengan aspal yang dibakar.

“Kuat dugaan jalan yang dikerjakan dengan aspal Laster kelas A (SS.A) tapi minimum tebal harus 1,5 cm, kalau Laster kelas B (SS) maka ketebalan mencapai 2 cm. Kalau Lataston lapis aus (HRS-WC) maka ketebalan harus minimal 3 cm, ada juga Lataston lapis pondasi (HRS-BASE) tebal minimal 3,5 cm. dan juga yang lain ” ujar sumber. (MR-01)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed