by

Dua Tokoh Agama di Maluku Temui Jenderal Bintang Dua

AMBON,MRNews.com,- Dua tokoh agama di Maluku, Ketua Sinode GPM Pendeta Elifas Maspaitela dan Ketua MUI Maluku, Abdullah Latuapo menemui Jenderal Bintang Dua yang juga Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif di ruang kerjanya, Kamis (28/4).

Kapolda katakan, pertemuan ini untuk mewujudkan situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) dalam menyambut Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah/2022.

“Tadi saya, ketua Sinode dan ketua MUI Maluku bertemu untuk membicarakan terkait situasi Kamtibmas di Maluku jelang hari raya Idul Fitri,” kata Kapolda.

Pertemuan yang berlangsung tersebut, kata Kapolda, pihaknya berharap Lebaran tahun ini dapat kembali berlangsung aman, dan damai.

Selain itu, dirinya kembali menghimbau masyarakat agar dapat bersama-bersama menjaga Kamtibmas yang kondusif.

“Bagi warga yang akan lakukan perjalanan mudik agar perhatikan keamanan, keselamatan dan kesehatan. Semoga perjalanan mudik basudara semua berjalan aman, dan sehat,” harapnya.

Disisi lain, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, Lotharia minta warga agar dapat melaksanakan malam takbiran di masjid-masjid agar lebih aman.

Tidak melakukan takbiran keliling dengan menggunakan kendaraan bermotor. Sebab, hal itu dapat membahayakan keselamatan bila terjadi kecelakaan lalu lintas.

“Apalagi melakukan takbiran keliling dengan truk-truk atau kendaraan bak terbuka, ini yang sangat rawan kecelakaan lalu lintas,” ingat mantan Kapolda Nusa Tenggara Timur.

Takbiran di masjid, lanjutnya, tidak kurangi makna menyambut Idul Fitri. Bahkan hal itu dapat menjadi contoh yang baik sebagai umat Muslim dalam menyambut hari kemenangan setelah sebulan berpuasa.

“Akan lebih khusyuk dan damai takbiran di masjid dan rumah masing-masing daripada berkonvoi di jalan yang justru akan berbahaya bagi keselamatan dan juga bisa kurangi nilai-nilai indahnya Idul Fitri,” jelasnya.

“Jangan karena terlalu berlebihan, malah terjadi kecelakaan atau masalah yang kemudian tidak bisa berlebaran bersama keluarga di hari yang Fitri (Suci) nantinya,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed