by

DP Ambon Harap Pelaku Usaha Perikanan Kantongi KUSUKA

AMBON,MRNews.com,- Kepala Dinas Perikanan (DP) Kota Ambon Febby Maail mengharapkan setiap pelaku usaha perikanan bisa mengantongi Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (KUSUKA).

Pasalnya, KUSUKA banyak fungsi dan untungnya yaitu untuk perlindungan dan pemberdayaan pelaku usaha kelautan dan perikanan, percepatan pelayanan, peningkatan kesejahteraan.

“Seluruh pelaku usaha perikanan wajib memiliki kartu tersebut. Kewajiban itu sesuai Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan nomor 39 tahun 2017 tentang KUSUKA. Itu landasan hukumnya, tidak bisa diabaikan,” kata Maail kepada awak media di Balaikota Ambon, Kamis (3/6).

Dijelaskan Maail, KUSUKA bukan cuman untuk nelayan tangkap tapi juga nelayan budidaya, dan kelompok pemasaran hasil perikanan bahkan pengolahan hasil perikanan.

“Pendataan kepada pelaku usaha kelautan dan perikanan juga bisa dijalankan melalui kartu itu. Sekaligus bisa juga ciptakan efektivitas dan efisiensi program Kementerian Kelautan dan Perikanan, agar tepat sasaran,” sebut mantan Plt Kepala Bappeda Litbang Ambon.

Karena itu, bagi yang merasa pelaku usaha perikanan Maail mengajak segera datang ke dinas perikanan untuk didata, dan dibuat KUSUKA.

“Jika mereka tidak terdaftar, tentu untuk setiap bantuan dari kementerian mereka tidak bisa dapat. Sebab peruntukan bantuan program kementerian hanya bagi mereka yang miliki KUSUKA. Kasihan kalau itu terjadi,” ungkapnya.

Dari data yang dimiliki pihaknya, kata Maail, jumlah pelaku usaha perikanan di kota Ambon angkanya sudah signifikan yakni mencapai ribuan. Kondisi ini membuktikan sektor perikanan sangat potensial bagi warga kota Ambon.

Namun begitu, tambah Maail, saat ini pihaknya sementara melakukan pendataan pelaku usaha perikanan baik secara online maupun offline.

“Pendataan ini penting untuk mengetahui kondisi usaha mereka, apakah masih berjalan atau tidak, kendalanya seperti apa. Baik yang sudah lama beroperasi maupun yang baru berkembang,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed