by

Dishub Dinilai Lamban Tertibkan Tronton Bandel

AMBON,MRNews.com,- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon terkesan lamban dalam menertibkan mobil tronton yang masih bandel dengan beroperasi tidak sesuai jam yang ditentukan.

Sebab akibat kelalaian itu, membuat mobil “super gede” yang lakukan aktivitas bongkar muat dimalam hari sering terjadi kecelakaan khususnya pada kawasan tanjakan Batu Merah.

“Untuk kasus ini, saya lihat Dishub Ambon terkesan lamban dan sepertinya ada pembiaran. Sebab beberapa kali ada kejadian, tapi respons tidak ada. Jangan sampai korban, baru sadar,” tegas anggota DPRD kota Ambon Juliana Pattipeilohy kepada media ini di Ambon, Minggu (9/1/2022).

Terhadap penilaian itu,
Kepala Dishub Ambon Robby Sapulette mengaku, penertiban agak sulit, karena itu aktivitas. Bahwa tidak memungkiri kecelakaan beberapa waktu lalu dibawah jam 10 malam adalah salah, tapi yang terjadi juga diatas jam 10 malam, sudah pas waktu.

“Itu mungkin karena kecepatan tidak terkontrol. Pengemudi lakukan human eror. Maka pengemudi harus kurangi kecepatan karena disana (Batu Merah-red) itu daerah turunan,” tandas Sapulette kepada media ini via seluler, Minggu (9/1/22).

Namun kata Sapulette, pihaknya tidak tinggal diam. Tapi akan mengambil langkah berupa seluruh kendaraan angkutan umum maupun tronton harus diuji KIR.

Uji KIR kata dia, untuk menguji kelayakan kendaraan dalam beroperasi supaya apabila dalam aspek KIR baik teknis mesin, pengereman itu okey atau tidak ada masalah, maka ketika ada kecelakaan lagi dapat disimpulkan itu human eror, di pengemudinya.

“Seluruh kendaraan harus diuji KIR, dalam waktu dekat. Seluruh kendaraan Tronton yang beroperasi wajib uji KIR. Agar pada waktunya ketika ada masalah, itu karena kesalahan pengemudi. Sebab kendaraan layak jalan,” terangnya.

Disinggung soal ketegasan operasional tronton dibawah jam 10 malam, memang menjadi catatan penting untuk disikapi. Karena himbaun dan diminta jelas, tronton operasi mesti diatas jam 10 malam.

“Itu karena kapasitas jalan kita terbatas. Volume lalu lintas dibawah jam 10 itu kan masih tinggi. Maka langkah Dishub melakukan pengawasan dan ditindak angkutan tronton yang operasi dibawah jam 10 malam,” tandas Sapulette.

“Perusahaan penyedia mobil tronton kan juga sudah tahu dan itu ketentuan, harus dijalankan. Tinggal nanti kita surati Pelindo dan operator-operator itu harus kita beritahukan untuk segera lakukan pengujian KIR agar bisa mengukur kelayakan kendaraan,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed