by

Dirut RSUP Leimena : Bupati SBB Positif Covid-19 Hasil Swab Antigen

AMBON,MRNews.com,- Informasi meninggalnya Bupati Seram Bagian Barat (SBB) Yasin Payapo tagal Covid-19 sesuai hasil pemeriksaan tes Swab Antigen, dibenarkan Direktur RSUP dr Leimena dr Celestinus Munthe.

Munthe mengaku, Bupati SBB masuk dan dirawat di RSUP dr Leimena pada 31 Juli jam 18.00 WIT, dengan keluhan sakit umum yaitu batuk, sesak nafas dan demam sejak seminggu terakhir.

Selain itu, yang bersangkutan juga memiliki penyakit bawaan diantaranya jantung, darah tinggi dan kolestrol.

“Setiap pasien yang masuk rumah sakit, sesuai prosedur wajib Swab Antigen. Ketika pemeriksaan di IGD, pa Bupati SBB diambil tes Antigen, hasilnya positif. Bersama beliau, puterinya yang dokter juga dirawat,” tandas Munthe kepada awak media di RSUP dr Leimena, Minggu (1/8).

Sejak masuk RS, pihaknya kata Munthe melakukan tindakan medis terhadap yang bersangkutan. Diberikan obat untuk menetralisir tekanan darah tinggi.

Termasuk sebagai dampak seringnya buang air kecil maka dokter berinisiatif memasang kateter pada sang Bupati. Namun belum sehari dirawat, Payapo dan keluarga sudah meminta izin pulang untuk lakukan isolasi mandiri di rumah.

“Pagi tadi sekitar jam 8.30 WIT, beliau dan anaknya meminta pulang untuk lakukan isolasi mandiri. Spesialis paru, dr Febiyanti Tentua melihat pa Bupati layak isolasi mandiri. Akhirnya beliau pulang, belum sempat kita ambil sampel PCR,” jelasnya.

Selang beberapa jam selepas pulang ke rumahnya di kawasan Galunggung Desa Batumerah, pihaknya tambah Munthe, mendapat kabar mendadak Bupati SBB telah meninggal dunia.

“Jadi almarhum meninggal di rumahnya, bukan di RS. Memang sempat dirawat di RSUP Leimena, hari Sabtu sore. Minggu paginya meninggal. Selanjutnya untuk pemulasaraan jenazah, kita sudah komunikasi dan koordinasi dengan Satgas Covid-19 provinsi dan Pemda SBB,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed