by

Blokir Dibuka, 1.403 KK Korban Gempa Telah Terima Dana

AMBON,MRNews.com,- Rekening penerima yang sebelumnya diblokir karena masih ada masalah, kini telah dibuka sehingga para warga korban gempa kota Ambon tahun 2019 sebanyak 1.403 kepala keluarga (KK) telah menerima dana bantuan.

“Kita sudah koordinasi dengan BNI, blokirnya mereka sudah dibuka dan masyarakat sudah menikmati haknya mereka,” tandas Kepala BPBD kota Ambon Demmy Paays kepada wartawan di Baileo Rakyat Belakang Soya, Ambon, Kamis (12/8).

1.403 KK ini kata dia, terdiri dari pembangunan reguler dan pembangun mandiri. Untuk KK yang membangun mandiri tercatat 177 KK, sedangkan sisanya merupakan total jumlah warga yang membangun reguler.

Dimana total anggaran yang diterima sesuai spesifikasi kerusakan yakni rumah rusak ringan sebesar Rp 10.000.000, rumah rusak sedang Rp 25.000.000, dan rumah rusak berat Rp 50.000.000.

“Itu artinya, pencairan dana bencana gempa bumi tahun 2019 kepada 1.403 KK di Kota Ambon telah kami tuntaskan ditahap pertama. Selanjutnya tahap kedua sudah dalam prosesnya,” jelas Demmy.

Saat ini diakuinya, tahap pertama sudah masuk ke proses pertanggungjawaban yang dikerjakan para fasilitator namun tetap didampingi oleh pihaknya, yang kemudian hasilnya akan dikirimkan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI.

Diperkirakan proses pertanggungjawaban itu dapat diselesaikan akhir bulan ini Agustus. Yang kemudian akan dikirimkan kembali data yang baru ke pusat guna pelaksanaan pencairan tahap kedua.

“Ini kan baru selesai tahap pertama akhir Juli kemarin, dan kita sekarang duduk sama-sama dengan fasilitator untuk selesaikan pertanggungjawaban mereka. Kita sudah kirimkan data untuk ke BNPB sekitar 2.082 KK,” demikian Paays. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed