by

Batal Kamis, Walikota: Sekkot Ambon Dilantik Pekan Depan

AMBON,MRNews.com,- Rencana pelantikan Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon yang baru pengganti A.G Latuheru, Kamis (16/12) batal dilakukan. Sebab Walikota Ambon Richard Louhenapessy harus melakukan tugas keluar daerah.

Nama Agus Ririmase pun santer disebut-sebut bakal mengisi kursi “panas” tersebut. Ini setelah Agus “mungkin” bakal dipilih Walikota dari tiga nama yang direkomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) selain Samuel Huwae dan Enrico Matitaputty.

Namun, pengumuman nama Sekkot Ambon dan pelantikan baru akan terjadi pekan depan, sebelum masuki hari raya Natal 25 Desember 2021. Hal itu telah dipastikan Walikota sendiri.

“Minggu depan saya pastikan kita sudah punya Sekkot Ambon yang baru. Jauh sebelum Natal,” tegas Louhenapessy kepada wartawan di Ambon, Selasa (14/12).

Diakui, saat ini dirinya telah mengantongi tiga nama calon yang telah direkomendasi KASN. Akan tetapi politisi kawakan Golkar itu enggan “buka-bukaan” siapa saja tiga orang yang terpilih.

“Itu kan sudah rahasia. Kalau saya jelaskan itu kan berarti saya sudah tidak lagi mengakomodir kerahasiaan dari KASN,” katanya.

“Yang pasti, dari enam nama, KASN merekomendir tiga nama berdasarkan hasil seleksi Pansel tersebut. Ketiganya peringkat terbaik dan memenuhi persyaratan. Saya lagi tunggu soft copy,” tegasnya.

Setelah KASN serahkan soft copy rekomendasi menurut Walikota dua periode itu, sudah bisa langsung diumumkan ke publik. “Kalau sudah dikirim, langsung kita jelaskan dia,” akuinya.

Mengenai siapa yang menduduki “Ambon 3” sambungnya, telah melewati proses seleksi, dan telah didiskusikan dengan Gubernur Maluku Murad Ismail dan Kementerian Menteri Dalam Negeri (Kemendagri).

“Menyangkut Sekot itu persiapan sudah oke, tinggal kita tunggu dia punya surat tertulis dari KASN. Saya sudah konsultasi dengan Mendagri, sudah konsultasi dengan Pak Gubernur, tinggal formalitas saja untuk itu,” ungkapnya.

Terkait benar tidaknya kabar yang beredar bahwa Agus Ririmasse dipastikan akan menduduki kursi Sekkot Ambon, Walikota merespons diplomatis.

“Oh masyarakat cerdas dong saya sendiri saja belum tau untuk itu. Belum, semua ada mekanismenya,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed