by

Bangun Kesadaran Digital, Kominfo RI & Siberkreasi Gelar LDNF 2021 di Ambon

AMBON,MRNews.com,- Ambon menjadi salah satu kota yang dipilih Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI dan Siberkreasi, dalam penyelenggaraan Literasi Digital Netizen Fair (LDNF) 2021.

Kegiatan yang secara serentak dilakukan secara hybrid diberbagai Kota/Kabupaten ini, bertujuan untuk membangun kesadaran dan pengetahuan dalam teknologi digital.

Selain Ambon (Maluku), kota penyelenggara LDNF 2021 antara lain, Kupang (NTT) Jayapura (Papua), Banjarmasin (Kaltim), Palangkaraya (Kalteng) Pontianak (Kalbar) Semarang (Jateng) Yogyakarta, Jambi, Bandung (Jabar) Padang (Sumbar), Pekanbaru (Riau) Palembang (Sumsel) Manado (Sulut), Palu (Sulteng) dan Banda Aceh.

Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kota Ambon Joy Adriaansz, salah satu narasumber LDNF membawakan materi mengenai Lanskap Digital, dengan empat modul literasi digital yang mencakup; Budaya bermedia Digital, Aman Bermedia Digital, Etis Bermedia Digital, dan Cakap bermedia digital.

“Manfaat dari Literasi Digital sendiri adalah masyarakat dapat memperoleh informasi terkini dengan cepat, hemat biaya, hemat waktu serta dapat memperluas jaringan dan memperkaya ketrampilan,” jelasnya di di The Natsepa Hotel, Selasa (23/11).

Dikatakan, salah satu modul dalam literasi digital adalah aman bermedia digital, dimana masyarakat dapat menghindari berita hoax yang beterbaran di media sosal.

“Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Dinas Kominfo dan Persandian sepanjang 2018-2021 telah meng-counter 81 Kasus berita hoax di media sosial, dimana 3 kasus berita hoax tersebut telah diproses secara hukum” ungkapnya.

Sedangkan untuk meningkatkan budaya bermedia digital di Kota Ambon, Pemkot Ambon telah mewujudkan program Ambon Smart City atau Kota cerdas dengan strategi Smart Public Service, Smart Office Service dan Smart Rules Service.

Pengembangan Ambon Smart City, lanjutnya, selain diatur dalam regulasi, juga didukung infrastruktur antara lain, jaringan seluler yang mencakup 99 persen wilayah kota Ambon, fasilitasi pembangunan jaringan Fiber Optik dengan mitra diseluruh kota Ambon, dan penyediaan akses internet gratis pada seluruh area publik.

“Selain itu Pemkot juga telah memiliki command center untuk memantau proses perizinan, pajak dan retribusi, menyediakan data statistik sektoral, pengaduan masyarakat, serta terhubung dengan 32 CCTV di lokasi strategis Ambon,” bebernya.

Diketahui, LDNF 2021 di Ambon juga hadirkan narasumber Marthen Reasoa (Komunitas Bengkel Sastra Maluku), Soni Amho Mongan (Konten Kreator Hessed Entertainment), Eko Poceratu (Penulis), Harry Bakarbessy (Jawara Internet Sehat), dan Roesda Leikawa (WPI Maluku/Mafindo). (MR-02/MC)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed