by

50 Titik Sasaran Penebangan Pohon Dalam Tiga Pekan

AMBON,MRNews.com,- Dalam tiga pekan kedepan, ada 50 titik yang tersebar diseluruh wilayah Kota Ambon jadi sasaran penebangan pohon oleh petugas dinas pemadam kebakaran dan penyelamatan Kota Ambon.

Kepala dinas pemadam kebakaran dan penyelamatan Kota Ambon Edwin Pattikawa katakan, 50 titik dimaksud berada pada kawasan jalan protokol, pemukiman masyarakat, sekolah-sekolah, dan wilayah rawan lain yang berpotensi terjadinya pohon tumbang.

“Ada yang ditebang habis, ada yang hanya dibersihkan rantingnya. Sasarannya disejumlah jalan utama termasuk jalan alternatif” tandas Pattikawa saat dihubungi media ini via seluler, Rabu (11/8/2021).

Langkah pembersihan dan penebangan pohon oleh pihaknya, kata Pattikawa merupakan instruksi dari Walikota Ambon Richard Louhenapessy.

Terutama sebagai langkah antisipasi agar tidak terjadi kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan pohon tumbang. Mengingat sampai saat ini cuaca hujan dan angin masih melanda kota ini.

“Ini arahan Walikota. Semua pohon yang berpotensi membahayakan pengguna jalan, dan bisa tumbang jika terjadi angin kencang dan hujan deras, akan kita tebang,” paparnya.

Pasalnya dapat dipastikan apabila lalai, maka akan ada korban jiwa yang diakibatkan oleh bencana pohon tumbang itu sendiri. Hal inilah yang harus dihindari.

“Sebab yang kita khawatirkan, jangan sampai ada pohon yang jatuh menimpa orang, sehingga menyebabkan korban,” terang Edwin.

Penebangan dan pembersihan pohon ini tak hanya pada jalan, namun menurutnya, ada kemungkinan dilakukan pada kawasan permukiman warga. Pasalnya di kota ini banyak sekali pohon besar yang tumbuh disekitaran rumah warga.

Saat ini sambungnya, sudah masuk tahap dua. Sebab tahap pertama sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu.

“Bahkan yang kita telah tebang, dan nanti akan ditebang ini, bukan saja pohon disamping jalan. Namun pohon di kawasan pemukiman warga yang ikut membahayakan keselamatan pun ikut ditebang,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed