by

Wisuda IAKN Ambon Periode Desember, Terakhir di Kepemimpinan Rektor Kakiay

AMBON,MRNews.com,- Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon kembali mewisudakan puluhan mahasiswa, diantaranya 71 orang strata satu (S1) dan magister (S2) 8 orang pada periode II Desember 2021, Jum’at (17/12).

Wisuda ini merupakan periode yang terakhir di kepemimpinan Rektor Dr Agusthina. Ch. Kakiay, MSi. Sebab Rektor perempuan pertama di IAKN itu akan berakhir masa jabatannya pada Maret 2022 mendatang.

Mereka yang diwisuda yakni 2 orang Magister PAK, 6 Magister Musik Gerejawi, 43 sarjana PAK (S.Pd), 9 sarjana Bimbingan Konseling Kristen (S.Pd), 6 sarjana Teologi (S.Th), 2 sarjana Pastoral Konseling (S.Ag), 1 sarjana agama dan budaya (S.Sos), 5 sarjana Musik Gerejawi (S.Sn) dan 5 sarjana pendidikan seni musik (SPd). Dengan 32 lulusan mendapat predikat Cumlaude.

Pada momen tersebut, Rektor mengaku,
dibandingkan dengan wisuda sebelumnya, lulusan tahun 2021 baik periode pertama Juli lalu dan periode kedua ini sangat kecil jumlahnya dibandingkan mahasiswa yang masuk pada tahun 2017.

“Hal ini tidak terhindarkan sebagai dampak Pandemi Covid-19. Namun sungguh ini merefleksikan angka kelulusan tepat waktu dan retensi mahasiswa serta produktivitas dosen-mahasiswa yang tidak menggembirakan apapun situasinya, harus jadi perhatian bersama,” sebut Kakiay.

Lulusan ini kata Kakiay, merupakan salah satu perwujudan bentuk tanggungjawab IAKN Ambon kepada bangsa dan negara terutama daerah Maluku.

Karena itu, Rektor berpesan kepada para wisudawan, bahwa ketika masuki dunia nyata, akan menjumpai permasalahan riil yang kompleks, yang mengharuskan untuk terus belajar dan mengembangkan kemampuan analisa dan memecahkan masalah kemasyarakatan dan kemanusiaan.

“Disini keterbukaan dan fleksibilitas menjadi sikap yang penting. Dengan sikap terbuka, saudara dapat mempelajari permasalahan didunia nyata melalui beragam perspektif. Pendekatan yang multi dan interdisipliner akan lebih membantu,” terangnya.

Kakiay juga ingatkan, keberhasilan para wisudawan ditentukan kemampuan dalam menyesuaikan diri, mencapai target dan menjawab tantangan. Tetapi dibalik semua itu, ada satu prinsip penting, bahwa keberhasilan bermakna adalah keberhasilan yang membawa kebaikan dan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Sekarang kita ada dalam proses suksesi kepemimpinan IAKN Ambon periode 2022-2026, penjaringan bakal calon Rektor telah selesai dan akan dilanjutkan ke tahap berikut. Dukungan semua pihak agar proses ini dapat berlanjut dengan aman sampai ditetapkannya Rektor baru ditahun 2022 sangat kami harapkan,” pungkas Kakiay. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed