by

Warga Diminta Waspada Bencana

-Parlemen-110 views

AMBON,MRNews,com.- Tingginya curah hujan di Kota Ambon membuat masyarakat mesti meningkatkan kewaspadaan. Mengingat sangat rentan terjadinya bencana banjir maupun longsor.

Karena itu, bagi masyarakat yang menempati daerah bantaran sungai dan tebing bahkan lereng gunung agar tetap waspada terutama jika malam hari.

“Kita tidak tahu, kapan musim hujan ini berhenti. Sementara dari waktu ke waktu curah hujan semakin tinggi, ini yang sangat memungkinkan terjadinya bencana banjir hingga tanah longsor. Karena itu, masyarakat yang berada di daerah rawan bencana untuk lebih meningkatkan kewaspadaan” kata Wattimury di DPRD Maluku Selasa, (14/7).

Ditegaskan politisi PDI Perjuangan asal Dapil Kota Ambon jika dari informasi sudah ada longsor yang terjadi di Kota Ambon. Menurut Wattimury tingginya curah hujan menjadi ancaman bagi warga ditengah pandemic COVID-19.

“Ini situasi COVID-19 yang mana bersamaan dengan tingginya curah hujan yang terjadi membuat masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan. Kalau memang karena situasi dan harus pindah ketempat yang lebih aman maka lebih baik itu dilakukan” urainya.

Dirinya juga berharap pemerintah baik itu di kota maupun kabupaten hingga tingkat RT agar bisa meningkatkan komunikasi dan koordinasi terkait situasi yang dialami masyarakat. Dengan langkah tersebut diharapkan ada tindakan tanggap cepat yang dilakukan .

“Harus diakui, kita kadang lambat dalam memberikan informasi terkait kondisi terkini yang dialami masyarakat. Dengan keterlambatan itu, maka sudah tentu bantuan yang diberikan juga lambat. Padahal ini situasi emergency dimana sesegera mungkin harus ditangani” jelasnya.

Disisi lain, DPRD Maluku akui jika saat ini semua berkosentrasi terhadap penanganan COVID-19 namun situasi alam dengan rawan bencana maka DPRD Maluku telah melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial maupun instansi yang lain untuk menangani masyarakat jika terjadi bencana alam.

“Bukan saja di Ambon, tapi koordinasi telah dilakukan lintas kabupaten –kota agar bisa ditangani jika ada warga yang mengalami bencana alam” tandas Wattimury. (MR-01)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed