by

Walikota Tegur Kadistan Soal RPH

AMBON,MRNews.com,- Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) kota Ambon Jhon Tupan ditegur keras oleh Walikota Ambon Richard Louhenapessy tentang rumah potong hewan (RPH) di Tawiri, Kecamatan Teluk Ambon yang sampai saat ini sudah siap sejak lama tapi belum juga difungsikan dengan baik oleh pemerintah kota (Pemkot) dalam hal ini Distan.

Pasalnya Kadistan dan anak buahnya dinilai keliru dalam mendudukan perencanaan RPH yang tidak secara komprehensif. Sehingga membuat RPH sampai saat ini belum juga dapat difungsikan. Padahal RPH menjadi kebutuhan dalam rangka lokalisir hewan-hewan khusus yang siap disembelih bila dibutuhkan.

“Saya telah tegur kepala dinas pertanian. Kenapa? karena menurut saya dalam perencanaannya itu yang keliru. Mereka tidak membuat perencanaan secara komprehensif. Program itu misalnya 100, mereka cuma bikin 80. Berikut ditambah 10 lagi. Kemudian tambah 10 lagi. Jadi program yang dia mesti 100, tiga tahun baru selesai. Itu yang saya tegur, tidak boleh begitu kerja-nya,” akui walikota kepada awak media di Ambon, Sabtu (23/11/19).

Sekarang kata dia, semua sudah rampung dan mudah-mudahan bisa digunakan atau difungsikan segera. Akan tetapi, saat ini yang lagi ditunggu adalah mobil pengangkut hewan. Sebab tidak bisa diangkut dengan mobil sembarangan. Karena ada mobil standar yang sudah ditetapkan.

“Mudah-mudahan akhir November sudah ada. Tapi air, sanitasi semua sudah tersedia. Sekarang yang dipikirkan adalah bagaimana memindahkan binatang kaki pendek (babi) untuk dalam waktu dekat sudah harus dipindahkan,” bebernya.

Sebab tambah politisi Golkar, di RPH Tawiri itu peruntukannya untuk sapi bukan babi. “Dan memang sekarang paling mendesak adalah babi itu supaya segera pindahkan dari RPH sementara di Mardika,” jelas Louhenapessy. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed