by

Walikota: PTQ RRI Ambon Bukan Sekedar Lomba, Namun Ibadah

AMBON,MRNews.com,- Walikota Ambon Richard Louhenapesy memberi apresiasi atas pelaksanaan Pekan Tilawatil Quran (PTQ) yang diselenggarakan LPP RRI Stasiun Ambon bersama Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Ambon selama bulan Ramadhan 1442 Hijirah.

PTQ yang rutin tiap tahun ini kata Louhenapessy, dalam persepektif pembangunan kota Ambon sangat penting, untuk mempersiapkan generasi muda kota Ambon yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

“Kegiatan PTQ ini sangat penting guna menyiapkan generasi muda kita kedepan untuk memperdalam etika keagamaan, dan memperkokoh ketaqwaan kepada Allah SWT,” kata Walikota saat menerima pemenang PTQ LPP RRI Stasiun Ambon di Balaikota, Kamis (29/4/21).

Menurutnya, kegiatan PTQ bukanlah sekedar lomba namun juga ibadah, sehingga siapapun yang menang pada PTQ tahun ini merupakan bonus atas kerja keras dan kesungguhan dalam memuji dan memuliakan nama Allah SWT.

Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon sendiri akui Walikota, tidak akan menutup mata namun memberi dukungan terhadap kegiatan ini sebagai bagian dari pembinaan spiritualitas bagi masyarakat. Karena itu Pemkot turut memberikan total bonus Rp. 20 Juta bagi pemenang PTQ.

“Lomba ini bagian dari proses pendewasaan, pematangan dan pemberdayaan yang dilakukan Pemkot bagi generasi milenial muslim di Kota Ambon,” tandasnya.

Dijelaskan Walikota, nilai keagamaan harus menjadi kata kunci utama dalam menghaapi tantangan era digitalisasi dan media sosial dimana batasan yang baik dan buruk menjadi kabur.

“Kita berada diera digitalisasi dan media sosial memegang kunci utama dalam aktivitas bermasyarakat, tapi tidak semua berdampak positif, ada yang berdampak negatif,” bebernya.

Dalam kondisi inilah sambung Louhenapessy, peran nilai agama menjadi kata kunci membedakan antara hitam dan putih, mana yang benar dan mana yang hoax.

Sementara itu, Plt Kepala LPP RRI Stasiun Ambon James Jahawadan mengaku, kegiatan PTQ adalah agenda rutin LPP RRI setiap tahun pada bulan puasa, dimana tahun 2021 adalah pelaksanaan PTQ ke 51, setelah tahun 2020 kegiatan ini terhenti karena pandemi Covid 19.

“Hasil dari lomba ini ada 13 orang pemenang. Qori dan qoriah terbaik atas nama nama Josan Kelerey dan Arni Nafiah Siombiwi yang akan mewakili RRI Stasiun Ambon ke PTQ tingkat nasional di Palembang, 1–5 Mei 2021 mendatang,” kuncinya. (MR-02/MC)   

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed