by

Walikota: Pancasila Ada Sebagai Pemersatu Segala Perbedaan

AMBON,MRNews.com,- Walikota Ambon, Richard Louhenapessy menegaskan, pancasila harus terus dimaknai dalam kehidupan setiap manusia, karena pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan. Serta berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, dimana menjadi fondasi dibangunnya negara Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

“Marilah kita terus amalkan nilai pancasila,demi kemajuan bangsa dan sekaligus menjadi sumbangan bangasa bagi masyarakat dunia. Karena pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan,” ujar Louhenapessy saat memimpin upacara peringatan hari lahir pancasila di halaman Balaikota Ambon, Senin(4/6/18).

Peringatan hari lahir pancasila yang baru pertama kali dilaksanakan mulai tahun ini kata Walikota, harus dijadikan moment pengingat, moment pemacu,dan moment aktualisasi nilai-nilai pancasila. Karena itu, sudah saatnya warga masyarakat Indonesia termasuk di Maluku dan Kota Ambon yang menjiwai semangat pancasila untuk berbagi pengalaman dalam ber-bhineka tunggal ika, dalam bertoleransi, serta membamgun persatuan dan kebersamaan.

Dimana tambah Walikota, sebagai bangsa majemuk yang terdiri dari 714 suku,1100 bahasa lokal, yang hidup di lebih dari 17000 pulau, semangat persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita harus terus bersatu memperkokoh bhineka tunggal ika, bersatu menjadi bangsa kuat. Semangat antar anak bangsa untuk kesejateraan dan kemajuan bersama juga merupakan sebuah keharusan. Karena 1 Juni 2018 merupakan hari lahir pancasila yang pertama kali diperingati, maka kita maknainya dengan harus meneguhkan semangat untuk bersatu,berbagi,dan berprestasi,” paparnya.

Rangkaian proses besar tersebut lanjut Walikota, harus selalu diingat danĀ  dalami semangat serta pahami rohnya, adalah tugas dan tanggungjawab penganutnya untuk memastikan bahwa pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran warga bangsa. Terhadap hal itu, maka di bulan suci Ramadhan ini harus dimanfaatkan sebagai momentum untuk memperkuat etos peduli dan berbagi.

“Semangat gotong royong yang merupakan budaya leluhur bangsa harus terus kita pupuk sebagai sumber energi besar Indonesia untuk bisa menggapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat.

Dengan modal semangat dan energi kebersamaan, kita akan mampu berprestasi memenangkan kompetisi. Dimana kita harus percaya diri dan berani bersaing dalam kehidupan dunia yang semakin terbuka dan kompetitif,” tutup Walikota. (MR-05)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed