by

Walikota Dorong Santika Hotel Perhatikan Anak Daerah

AMBON,MRNews.com,- Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mendorong keberadaan Santika Hotel Premium di kota Ambon dapat berdampak dengan diperhatikannya anak daerah untuk bekerja, baik yang terampil maupun tenaga lainnya yang akan melalui proses training.

“Paling tidak keberadaannya juga harus berdampak bagi lingkungan sekitar. antara lain¬† merekrut tenaga kerja terampil, satpam, atau tenaga-tenaga yang lain. Itu juga bicarakan saat melakukan peninjauan. Dan managemen juga berhasrat besar untuk itu diperhatikan,” tandas Walikota kepada awak media usai meninjau pembangunan hotel Santika Premium yang berlokasi di kawasan Galunggung, desa Batu Merah, Senin (19/3).

Hanya memang karena orientasi bisnis. maka menurut Walikota tidak mungkin harus terima dari nol atau tidak punya skill.  Dimana, paling tidak mesti yang siap jadi untuk bekerja dan hal ini juga akan menjadi tantangan untuk pemerintah kota Ambon, supaya bisa apakah lewat BLK Ambon atau kerjasama dengan pihak terkait.

“Karenanya kita harus mempercepat persiapan tenaga kerja juga dalam rangka menyambut 2020, Ambon sebagai kota tujuan wisata. Apalagi, hotel ini setelah kita tinjau hall, restoran, kamar dan sangat menjanjikan. dalam prospek pembangunan pariwisata kedepan. SDM pariwisata memang harus kita siapkan betul untuk itu,” bebernya.

Pasalnya menurutnya, tahun 2020 Ambon diharapkan sudah bisa menjadi salah satu tujuan wisata. karena itu di 2018 dan 2019 perlu siapkan infrastruktur penunjang. Salah satunya hotel Santika Premium ini, dimana kehadirannya semakin memberikan garansi dan mempublish secara positif bahwa Ambon memang sudah layak menjadi tujuan wisata di 2020. Karena itu, akses jalan dan perhubungan di areal hotel akan dibenahi, dengan meminta Dishub menyiapkan traffic light dan rekayasa lalu lintas (Lalin).

Bahkan tambah Walikota, secara otomatis keberadaan Santika Hotel Premium memberikan dampak naiknya Pendapatan Asli Daerah (PAD), merubah mindset warga kota dan pembenahan bagi lingkungan sekitar dalam berbagai aspek. Sehingga diharapkan dipercepat pembangunannya.

“Saya bahagia pada waktu tidak terlalu lama, kita sudah punya hotel bintang 4 dengan standar internasional menyambut 2020. Maka, saya sudah minta Dishub segera siapkan traffic light dan rekayasa lalin sehingga tidak membuat macet di areal hotel juga pembuangan limbah B3 yang sudah di include sebelumnya. Apalagi secara otomatis berdampak meningkatnya PAD, serta merubah mindset warga kota. Pokoknya positif. Terkait fasilitas yang harus menjadi tangungjawab Pemkot kita dukung,” tegas Walikota.

Sementara itu, Owner Santika Hotel Premium Ambon, Tan Pabullah menegaskan, soal perekrutan tenaga kerja anak daerah menjadi perhatian penting pihaknya. Namun, khusus bagi yang pemula harus mengikuti training, sedangkan kekhususan bagi tenaga terampil.

“Kita bersedia menerima hanya memang perlu digaris bawahi yang terampil. Misalnya tenaga yang dari nol, harus melalui training dulu, tidak bisa langsung dipekerjakan karena pride hotel ini akan turun nanti,” tukasnya.

Sedangkan, GM Santika Hotel Premium, Nugraha mengaku. untuk persentase penerimaan atau perekrutan tenaga lokal, tidak bisa dipastikan saat ini, tetapi pasti diterima kedepannya, paling tidak 2020 khusus SDM bidang pariwisata. Pasalnya, pihaknya berupaya lebih dahulu mengutamakan yang sudah ada dan peningkatan asas manfaat bagi lingkungan sekitar.

“Saat ini memang belum bisa. Harapan kita, keberadaan Santika bisa memberi manfaat bagi masyarakat dan coba meningkatkan SDM lokal. Bisa 50 atau 90 persen lokal, ditambah tenaga terampil dan berpengalaman dari luar untuk bekerja. Itu untuk kedepannya. Sebagaimana statemen pa Walikota, tahun 2020 SDM lokal di bidang pariwisata sudah sangat siap dan akan lebih banyak lagi masyarakat kita bisa menjadii tuan rumah di negeri sendiri khusus pariwisata. lebih cepat lebih baik,” demikian Nugraha. (MR-05)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed