by

Wagub Harap Lulusan UKIM Mampu Bersaing

-Maluku-351 views

AMBON,MRNews,com.- Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Nathaniel Orno berharap. Lulusan Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) mampu bersaing di era globalisasi saat ini.

“Globalisasi yang sedang melanda berbagai bagian dunia mendorong berkembangnya masyarakat ilmu pengetahuan (knowledge society), sehingga membuat persaingan kerja semakin ketat, dan tingkat kompetisi pun semakin tajam termasuk di Maluku,” ungkap Wagub pada Acara Wisuda UKIM Periode II Tahun 2019, Kamis (5/12) di Gedung Kristiani Center.

Oleh karena itu, tingkat kesadaran generasi muda untuk belajar, menambah dan memperluas wawasan pengetahuan dan kemampuan menjadi suatu keharusan.

”Saya berkeyakinan bahwa, lulusan UKIM sebanyak 400 orang, pada 12 Program Studi dalam kapasitas sebagai para intelektual akan mampu mengejawantahkan secara paripurna bekal-bekal keilmuan yang diperoleh selama di bangku kuliah. Keyakinan itu semakin kuat karena dari tahun ke tahun UKIM terus membenahi diri dan berupaya untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing di bidangnya masing-masing,” terang Wagub.

Di lain sisi, mantan Bupati MBD ini juga mengatakan, jika Pemerintah Daerah Maluku saat ini sedang tertuju pada bagaimana melakukan percepatan dan lompatan-lompatan pembangunan, yang secara sinergis dapat mempercepat tercapainya target dari visi Pemda.

Salah satu langkah strategis yang telah dilakukan dan akan terus dilakukan Pemerintah Daerah, sebut Wagub, antara lain mendorong masuknya investasi dalam skala besar, khususnya yang terkait dengan sektor unggulan yang menjadi prioritas pembangunan yaitu hasil perikanan dan kelautan, pariwisata, pertanian dan sumber daya energi.

Pemerintah daerah juga, sementara berjuang mengatasi persoalan kemiskinan, pembukaan lapangan kerja baru, peningkatan derajat kesehatan, pendidikan, serta pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah.

“Dan untuk merealisasikan semua cita-cita tersebut, dibutuhkan kerja keras kita bersama, termasuk bagaimana kita mempersiapkan daerah menyambut kehadiran para pemodal dan pelaku usaha tersebut,” harap Wagub.

Di sinilah, peran dunia perguruan tinggi dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas agar pada saatnya dapat berkontribusi sesuai dengan kompetensi dan kapabilitas masing-masing.

“Saudara-saudara mesti bersyukur karena menjadi bagian masyarakat Indonesia yang dapat mengenyam pendidikan tinggi. Untuk itu, ilmu yang telah didapat di perguruan tinggi harus diamalkan secara disiplin dan sungguh-sungguh,” tandas Wagub (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed