by

Utamakan Kualitas, Mahasiswa Dilatih Menulis Karya Ilmiah Berbahasa Inggris

-Pendidikan-313 views

AMBON,MRNews.com,- Setelah dibentuk pemahaman dan kemampuan bersastra, kali ini Unit Pengembangan Bahasa IAKN Ambon kembali melatih ratusan mahasiswanya tentang cara menulis karya ilmiah Berbahasa Inggris. Tujuannya jelas selain untuk mengembangkan kemampuan menulis secara ilmiah dalam bahasa Inggris, tetapi juga ingin menghasilkan suatu tulisan ilmiah yang berkualitas dalam bahasa Inggris.

Hal itu diwujudkan melalui Workshop Penulisan Karya Ilmiah Berbahasa Inggris selama sehari yang disajikan oleh dua narasumber yakni Dr Sophia Binnendyk, M.Pd (Critical Reading) dan Dr.Threesje Roza Souissa, M.Pd (Summary Writing) di Golden Palace Hotel, Rabu (11/12/19).

Ketua Panitia Workshop Nurlaila Tuanany, M.Pd mengungkapkan, jenis kegiatan workshop penulisan karya ilmiah berbahasa Inggris terfokus pada ceramah materi oleh narasumber dan workshop penulisan yang didampingi oleh instruktur. Dari situ, diharapkan output yang dihasilkan lewat workshop ini adalah hasil paraphrasing oleh peserta workshop yang dipertanggungjawabkan oleh mahasiswa dan dosen.

“Penulisan karya ilmiah dapat mencakup penulisan artikel,jurnal,makalah,skripsi,tugas akhir, ringkasan dan juga pembedahan pada sumber bacaan ilmiah melalui penulisan resensi buku. Dalam proses implementasinya, faktor bahasa yang mencakup bahasa resmi dan bahasa asing didalam akuisisinya sangat berperan aktif untuk mendeskripsikan secara praktikal tentang konstruksi alur pikiran ilmiah ke dalam bentuk alur penulisan ilmiah,” ungkapnya.

Sementara itu, ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAKN Ambon Dr Herly Lesilolo, M.Pd menyatakan, bahasa Inggris yang merupakan salah satu bahasa asing atau bahasa internasional sangat memainkan peran untuk mendeskripsikan konstruksi pemikiran ilmiah ke dalam bentuk konstruksi penulisan ilmiah yang berkaitan dengan pengejawantaan karya ilmiah pada kancah global.

Maka IAKN Ambon lewat Unit Pengembangan Bahasa sebagai perpanjangan tangan dari pengembangan ilmu pengetahuan dan sumber daya manusia dalam mengakuisisi bahasa dalam konteks akuisisi bahasa nasional dan juga bahasa asing, kata Lesilolo, memfasilitasi civitas akademik kampus IAKN Ambon dalam mengembangkan kemampuan penulisan karya ilmiah berbahasa Inggris lewat pelatihan atau workshop bagi mahasiswa.

“Hal tersebut bertujuan untuk mewujudkan, membentuk dan meningkatkan kapabilitas sumber daya manusia khususnya civitas akademikan IAKN Ambon dalam mengaplikasikan, mengkonstruksi dan memproduksi ilmu pengetahuan dalam bentuk penulisan ilmiah berbahasa Inggris yang tepat, sesuai kaidah-kaidah selingkung ilmiah dan dapat meningkatkan motivasi berliterasi ilmiah yang berkesinambungan pada civitas akademik IAKN Ambon,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed