by

Usulan Gubernur, HUT RI Tanggungjawab Polda Maluku

-Kota Ambon-295 views

AMBON,MRNews.com,- Atas usulan Gubernur Maluku, Murad Ismail, pelaksanaan peringatan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-74 pada 17 Agustus 2019 akan dikoordinir atau penanggungjawabnya adalah Polda Maluku. Dimana setiap tahunnya sering dibawah tanggungjawab Kodam XVI/Pattimura. Hal itu diungkapkan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy selaku ketua panitia pelaksana HUT RI ke-74 Provinsi Maluku saat rapat panitia di lantai II Balaikota Ambon, Rabu (31/7/19).

“Usulan pa Gubernur, tiap tahun Protap seluruh penanggungjawab acara ada pada Kodam XVI/Pattimura. Tapi kali ini beliau usulkan HUT RI diatur atau koordinir Polda Maluku. Kemarin saya bicara dengan pa Kapolda, beliau juga agak kaget karena seluruh persiapan awal khan sudah disiapkan TNI dengan Paskibraka dan sebagainya. Kalau misalnya ini Protap, Kodam pasti sudah tahu tugas-tugasnya itu,” beber Louhenapessy.

Rapat ini diakuinya, merupakan rapat lanjutan pada 26 Juli lalu yang dipimpin Wakil Gubernur, Barnabas Orno. Maka perlu dipahami bersama oleh panitia, pasalnya di rapat itu, ada pula usulan Gubernur agar tempat transit tamu VIP yang biasa dipakai Mess Pattimura, dipindahkan ke kantor Gubernur. “Itu tidak ada masalah, dekat saja. Kecuali kalau ada pertimbangan lain. Kalau di mess jalan lebih save, tapi di kantor Gubernur itu harus dipertimbangkan, apakah mau jalan atau turun tangga,” papar Walikota.

Apalagi, kata dia, sebagaimana diketahui lapangan merdeka sementara dibenahi. Namun memang lapangan tidak berubah, hanya rumput saja menjadi paving block. Yang paling lambat tanggal 10 Agustus, sudah selesai direnovasi. Pasalnya, Paskibraka mulai latihan di lapangan pada 5 Agustus. Hal berikut yang dipertegaas adalah persoalan acara, audio, audiens dan anggarannya akan benar-benar harus diperhatikan secara serius karena saling mendukung.

“Kalau misalnya acara bagus, tapi audionya jelek akan mengganggu proses atau output dari acara itu. Sebaliknya kalau audio bagus, tapi yang hadir sedikit dan mengecewakan, juga secara psikologis akan terganggu. Kalau semua itu jalan, harus juga disuport anggaran yang memadai. Pengalaman kita, kadang hal-hal teknis diabaikan dan sering problem. Saya harap seluruh pendukung hal-hal teknis dapat menjadi perhatian kita. Rapat kali ini, diharapkan tiap bidang sudah bisa sampaikan rancangan kegiatan dan anggaran bidang,” ujarnya lagi.

Terakhir tambah Louhenapessy, melalui Menteri Sekretaris negara, sudah menginstruksikan agar seluruh instansi pemerintah, maupun komponen masyarakat lain diharapkan mendukung HUT proklamasi kemerdekaan RI ke-74 dengan memasang seluruh ornamen HUT pada instansi masing-masing. Karenanya, pemerintah kota (Pemkot) Ambon pun sudah diinstruksikan seluruhnya untuk mulai pasang.

“Saya hari ini akan bikin surat resmi selaku Walikota kepada kantor pemerintah, swasta untuk wajib memasang ornamen HUT RI. Saya sudah perintahkan penanggungjawab untuk harus pasang itu. Untuk penyelenggaraan setiap rangkaian kegiatan antara lain di lapangan merdeka, taman makam pahlawan, kantor gubernur, Lapas maupun kediaman gubernur untuk acara resepsi juga semua dipasang ornamen,” kuncinnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed