USBN Jalan, SMA Negeri 1 Leibar Siap Songsong UNBK

AMBON,MRNews.com,- SMA Negeri 1 Leihitu Barat (Leibar) Kabupaten Maluku Tengah tengah melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Tak hanya itu, mereka pun siap menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada 12 April mendatang, yang akan dimulai dengan simulasi atau gladi bersih pada 11-12 Maret 2019. Pasalnya, USBN dan UNBK merupakan kesepakatan bersama antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Apapun kendalanya tentu kami akan seprofesional dan menimalisirnya agar sebaik mungkin melaksanakan UNBK dan harapannya dalam keterbatasan USBN bisa berjalan dengan baik. Semua ini demi masa depan dan prestasi siswa-siswi. Karenanya, untuk UNBK kita akan awali dengan simulasi atau gladi bersih,” tukas pelaksana tugas (Plt) Kepala SMA Negeri 1 Leihitu Barat, Thobita Cornelia Dias, S.Pd kepada wartawan di Hatu, Rabu (6/3/19).

USBN kata Dias, menggunakan komputer namun sistem offline, dengan tujuan meminimalisir agar tidak terjadi kebocoran soal, melatih dan mempersiapkan siswa untuk menghadapi UNBK sehingga hasil kerja keras siswa murni didapatkan.

Sedangkan untuk menunjang terlaksananya UNBK lanjutnya, sekolah memiliki 13 unit komputer yang merupakan sumbangan dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) tahun 2018, ditambah bantuan tiga unit komputer dari PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) dan satu unit laptop dari pengacara ternama, Daniel Nirahua. Selain bantuan tersebut, juga proaktif guru-guru yang meminjamkan dua unit laptop untuk digunakan guna meminimalisir keterbatasan yang dihadapi sekolah.

“Kami juga mengalami keterbatasan ruangan lab dalam menjalankan USBN maupun UNBK, hanya satu ruangan lab yang akan digunakan. Itu pun kami siasati dan dengan membagi 58 peserta dalam dua kelompok yakni kelompok pertama MIA diisi 20 peserta ujian dan kelompok kedua IIS 38 peserta,” terangnya.

Pendidikan tambahnya, memainkan peran sangat krusial dalam menujang suatu daerah sehingga layak mendapatkan prioritas utama. Untuk itu apa yang dijelaskan menjadi informasi bagi pemerintah dan bisa menjadi perhatian pemerintah daerah Maluku yaitu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *