by

Urus JKN-KIS di Maluku Bisa Pakai WhatsApp

-Kesehatan-800 views

AMBON,MRNews.com.- – BPJS Kesehatan Cabang Ambon kembali memberikan kemudahan akses pelayanan administrasi bagi peserta dan calon peserta JKN-KIS di Provinsi Maluku melalui Pelayanan Administrasi melalui Aplikasi WhatsApp atau yang disebut PANDAWA. Hal ini juga merupakan salah satu upaya dalam menekan penyebaran Covid-19 khususnya di wilayah Maluku.

“PANDAWA merupakan layanan tanpa tatap muka dengan peserta, sehingga para peserta tidak perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan. Tantangan tersendiri bagi BPJS Kesehatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya di masa seperti sekarang ini yang mengharuskan kita meminimalisir kontak dengan orang lain demi mencegah penularan Covid-19,” ungkap Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon H.S. Rumondang Pakpahan, Jumat (9/10).

Ia juga menerangkan bahwa layanan Pandawa ini akan lebih memudahkan peserta dalam mengakses berbagai layanan BPJS Kesehatan hanya dengan aplikasi WhatsApp di smartphone peserta. Nomor PANDAWA yang dapat dihubungi untuk peserta di wilayah maluku adalah 0812 6313 9024. Peserta akan diarahkan untuk memilih layanan yang diinginkan, sebelumnya peserta diminta mengisi format seperti [Nama Pelapor – Nama Peserta – No. Kartu BPJS Peserta / No. KTP – No. Hp Peserta – Jenis Kode Layanan]. Layanan ini hanya akan diproses dan dibalas saat jam kerja mulai dari pukul 8 pagi sampai jam 2 siang waktu setempat.

“Peserta cukup mengirim pesan ke nomor WhatsApp dengan format yang telah ditentukan. Layanan yang ada di PANDAWA antara lain daftar baru, tambah anggota keluarga, pendaftaran bayi baru lahir, ubah jenis kepesertaan, ubah data identitas, ubah data golongan dan gaji, ubah lokasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), penonaktifan peserta meninggal, perbaikan data ganda dan pengaktifan kembali kartu JKN-KIS,” terang Mondang.

Di tempat terpisah, Tami (24), seorang warga Desa Laha Kota Ambon, mengatakan bahwa PANDAWA adalah solusi bagi masyarakat yang ingin mengurus BPJS Kesehatan dari rumah dan tetap menjaga keamanan dengan mengurangi intensitas beaktivitas di luar rumah.

“Menurut saya PANDAWA sangat membantu sekali, apalagi saat ini kita harus mengurangi tatap muka secara langsung dengan orang lain ini. Aksesnya juga cukup mudah, hanya dengan mengirim pesan melalui smartphone kita, nanti petugas BPJS Kesehatan membalas dan memprosesnya. Jadi, urus BPJS Kesehatan di masa pandemi ya PANDAWA solusinya,” kata Tami. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed