by

Tutup Buka Masa Sidang, DPRD Telorkan 16 Rekomendasi

-Parlemen-136 views

AMBON,MRNews.com,- DPRD kota Ambon menutup masa persidangan III tahun sidang I 2019-2020 dan pembukaan masa sidang I tahun sidang II 2020-2021 sekaligus penetapan LPJ pelaksanaan APBD TA 2019 menjadi peraturan daerah lewat sidang paripurna secara virtual, Rabu (2/9).

16 rekomendasi kepada pemerintah kota (Pemkot) Ambon pun ditelorkan para wakil rakyat.

Beberapa rekomendasi itu diantaranya, pemerintah kota (Pemkot) Ambon diharapkan mempercepat tahapan pemilihan serempak kepala desa di kota Ambon sesuai ketentuan peraturan yang telah diturunkan pemerintah pusat.

Selanjutnya, tentang dana bantuan korban gempa 2019 yang DPRD mendorong harus segera dicairkan dalam waktu dekat kepada para korban. Pemkot diminta juga memperhatikan status akreditasi semua Puskesmas di kota Ambon.

“Kami juga mendesak Pemkot segera menyelesaikan proses penyaluran bantuan jaring pengaman sosial Covid-19 khususnya untuk BLT yang sampai saat ini calon penerima bantuan belum menerima hak mereka,” tukas wakil ketua DPRD Gerald Mailoa selaku pimpinan sidang.

DPRD juga kata Mailoa, meminta Pemkot untuk meminimalisir dampak penyebaran penyakit berbahaya lainnya yakni terhadap ancaman peningkatan kasus DBD serta mengoptimalkan peningkatkan konsep pengentasan masalah stunting di kota Ambon.

“Demi perbaikan pelayanan kepada masyarakat, DPRD juga mintakan peningkatan kualitas pelayanan pada Disdukcapil; serius tangani penyelesaian infrastruktur rumah potong hewan (RPH) Tawiri agar segera difungsikan serta mengharapkan segera menata terminal Mardika sesuai fungsinya,” demikian politisi PDIP.

Walikota Ambon Richard Louhenapessy berpandangan, penetapan LPJ pelaksanaan APBD TA 2019 bagi Pemkot memiliki arti dan makna strategis sehingga untuk ketiga kalinya ditahun 2020, kota Ambon masih mencatatkan predikat WTP untuk APBD 2019.

“Pemkot memberikan penghargaan dan apresiasi tinggi kepada seluruh fraksi yang telah menyetujui dan menerima LPJ APBD TA 2019, dengan berbagai catatan kritis yang disampaikan. Tentunya akan menjadi perhatian serta ditindaklanjuti kami,” sebutnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed