by

Tunggu Ijin BIN, Mesin ADM Siap Digunakan Disdukcapil

-Kota Ambon-62 views

AMBON,MRNews.com,- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Ambon sementara tunggu ijin dari Badan Intelijen Negara (BIN) RI terkait chip yang akan digunakan pada mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang rencananya bisa beroperasi pekan depan.

“Katong sudah koordinasi dengan pusat, mungkin dalam waktu dekat sudah bisa ada. Karena memang harus mendapat ijin BIN untuk bacaan dia (ADM-red) punya chip,” tandas Plt Kadis Dukcapil Ambon Selly Haurissa kepada media ini di ruang kerjanya, Rabu (18/11).

Rencananya kata dia, ADM yang dibeli satu paket dari Dirjen Dukcapil diluncurkan tepat di HUT kota September lalu namun alatnya baru tiba diwaktu bersamaan. Pegawai lalu merakit dan masih kekurangan beberapa alat seperti UPS, stamp card.

“Stamp card tidak ada maka tidak bisa jalan. Kemarin kalau tetap paksa luncur katong akan pakai yang ada tapi pelayanan Dukcapil tidak jalan tapi itu percuma. Mungkin minggu-minggu depan kalau sudah ada, katong sudah bisa pakai. Karena jaringannya sudah ada tinggal pasang saja,” tegasnya.

Pabila sudah ada alat yang masih kurang sebutnya, mesin ADM akan segera beroperasi pekan depan. Yang fungsi atau kelebihan untuk mencetak/print KTP, KK, KIA, dan akta kelahiran.

Dikatakan Haurissa, kehadiran mesin ADM akan sangat membantu kerja-kerja Disdukcapil Kota Ambon, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, yang ingin datang mengurus kelengkapan data diri.

“Mesin ini sangat mempercepat proses pencetakan kartu identitas, serta mengurangi penumpukan masyarakat. Hal ini juga dapat mencegah terjadinya kerumunan ditengah situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang,” katanya.

Dalam mesin ADM itu, tambahnya, semua dokumen bisa diprint, asal masyarakat sudah melakukan pengurusan berkas yang mau diprint seperti kartu keluarga.

“Dengan kehadiran mesin ADM semoga saja bisa mengurangi terjadinya penumpukan berkas serta kerumunan di kantor Disdukcapil Kota Ambon sekaligus mencegah penyebaran Covid-19,” tutup Haurissa. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed