by

Tradisi Baru Kapolda-Wakapolda, Duduk “Bacarita” Kamtibmas

AMBON,MRNews.com,- Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar dan Wakapolda Brigjen Pol Jan de Fretes mempunyai tradisi baru dalam menyerap aspirasi masyarakat terkait Kamtibmas. Yakni dengan PJU Polda Maluku duduk “bakumpul bacarita Kamtibmas”.

Kapolda menyebutkan, kegiatan yang dikemas setiap Minggu ini, sengaja dalam bentuk forum diskusi untuk menyerap aspirasi masyarakat dan membahas sejumlah program kerja Polda Maluku.

Alasan memilih waktu hari Minggu pagi menurutnya, karena hari Minggu ada waktu setelah Sholat subuh dan basudara non Muslim juga tidak terganggu waktu ibadahnya.

“Forum FKPM ini sebuah kegiatan lama dan kita coba angkat kembali karena kita bisa bicarakan hal-hal baik dan positif. Kita berharap dengan kegiatan ini, saudara kita yang non Muslim juga tidak terganggung dan dapat menjalankan ibadahnya,” ujar Kapolda, Minggu (7/6/20).

Lewat momen ini, tambah Kapolda, pihaknya perlu umumkan kepada masyarakat dan diketahui bahwa sudah ada forum untuk menampung aspirasi masyarakat. Dimana forum ini langsung dikoordinasi SPRIPIM bersama Humas Polda Maluku.

“Forum ini dinilai sangat efektif dalam menerima masukan masyarakat. Bukan hanya ditingkat Polda saja akan tetapi setiap anggota polisi dimanapun bertugas sejajaran Polda Maluku, misalnya Bhabinkamtibmas didesa juga bisa buat serupa, apalagi Kapolsek & Kapolres,” jelasnya.

Demikian pula dengan waktu dan tempatnya, akui Kapolda, bisa dimana dan kapan saja. Yang utama harapan atau unek-unek masyarakat dapat diakomudir. Dan jika masalah yang dibicarakan belum ketemu solusinya, bisa dilanjutkan ke kantor apabila menjadi ranah tugas Polri.

“Diharapkan semua info akurat, dibicarakan secara santun dan egaliter maka masalah terselesai dengan baik. Semoga niat baik ini menjadi program berkelanjutan, murah dan efektif. Saya dan Wakapolda mohon doa dan dukungan semua masyarakat agar selalu bekerjasama merealisasikannya,” tutup mantan Kapolda Sulbar itu. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed