by

Tinjau Pasar Mardika, Wamendag: Revitalisasi Demi Kebaikan Bersama

-Kota Ambon-72 views

AMBON,MRNews.com,- Bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda ke-92, Rabu (28/10/20), Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menyambangi Kota Ambon.

Kedatangan politisi partai Golkar itu selain melakukan launching ambon@ccsess dan berbagai dialog pemuda, tetapi sekaligus meninjau kesiapan pasar Mardika yang akan mulai direvitalisasi awal tahun 2021 oleh pemerintah kota (Pemkot) Ambon.

Didampingi Walikota Ambon Richard Louhenapessy, Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler dan Sekretaris Kota Ambon A.G Latuheru, Sambuaga memantau lapak-lapak pedagang Mardika yang telah digusur.

Kepada awak media, Sambuaga akui, pasar Mardika jika dilihat sudah tidak bisa lagi menampung atau menjalankan aktivitas karena adanya lonjakan pedagang maupun konsumen, sehingga harus didukung proses penataannya, dalam hal ini revitalisasi.

“Saya sudah tinjau. Semua prosesnya sudah oke. Saya hanya mau bilang, pada prinsipnya, revitalisasi pasar demi kebaikan bersama, ” tandasnya usai meninjau pasar di Sari Gurih resto, Rabu (28/10).

Kepada masyarakat khususnya pedagang sebagai tokoh utama dalam revitalisasi, mantan anggota DPR-RI asal Sulawesi Utara itu meminta agar dapat mendukung seluruh upaya pemerintah, yaitu melakukan penataan pasar agar menjadi lebih moderen seperti pasar rakyat di kota-kota lain.

Sementara Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mengaku, revitalisasi pasar harus didukung para pedagang dan tak sepantasnya mendapatkan penolakan. Sebab ini merupakan program pemerintah pusat melalu Kemendag RI.

“Kita sudah dapat jatah revitalisasi, anggarannya Rp 165 Miliar. Proses lelangnya bakal dilakukan November 2020, mungkin Desember sudah masuk tahap finishing, untuk dimulai pembangunan awal 2021. Jadi tolong kita saling dukung,” harapnya.

Dukungan sangat penting karena menurut Louhenapessy, program revitalisasi pasar itu nantinya akan berguna untuk menata pasar tersebut menjadi lebih baik.

“40 tahun lalu, pasar Mardika merupakan pasar paling bagus di Indonesia Timur. Namun, sekarang sudah jadi pasar paling kumuh. Adanya revitalisasi, maka kita punya kesempatan mengembalikan keindahan Mardika,” demikian Walikota. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed